Emas Antam 05/02/2024

Harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk mengalami penurunan pada Senin (5/2/2024) di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung. Harga emas turun sebesar Rp2.000 per gram menjadi Rp1.140.000, sementara harga buyback (harga saat menjual emas kembali) berada di posisi Rp1.036.000 per gram.

Penurunan harga emas Antam ini terjadi seiring dengan adanya kabar buruk yang berpotensi mempengaruhi pasar emas dunia. Data tenaga kerja yang masih mengkhawatirkan membuat pasar menjadi lebih pesimis terkait kemungkinan pemangkasan suku bunga oleh bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed), yang dapat memicu kecemasan investor emas.

Klaim pengangguran awal yang meningkat menjadi 224.000 pada pekan yang berakhir 27 Januari menjadi salah satu faktor yang membuat pasar pesimis. Laporan lain menunjukkan pertumbuhan produktivitas pekerja AS lebih cepat dari perkiraan pada kuartal keempat.

Pada Desember 2023, tingkat pengangguran AS mencapai 3,5% tanpa penyesuaian musiman, atau 3,7% dengan penyesuaian musiman. Meskipun Non-Farm Payrolls AS meningkat sebesar 216.000 pada bulan Desember 2023, pengusaha di AS menambahkan 353.000 pekerjaan pada bulan Januari, melampaui perkiraan ekonom.

Pertumbuhan ekonomi yang kuat dan produktivitas pekerja yang baik mendorong dunia usaha untuk merekrut dan mempertahankan lebih banyak karyawan, yang dapat melindungi perekonomian dari resesi. Meski para pedagang memperkirakan peluang penurunan suku bunga AS sebesar 70% pada Mei 2024, dibandingkan dengan 92% sebelum data dirilis, Ketua The Fed Jerome Powell menyatakan keyakinan bahwa inflasi akan kembali ke target 2% tanpa mempertimbangkan pemangkasan suku bunga pada Maret 2024.

Harga emas sangat dipengaruhi oleh pergerakan suku bunga AS. Kenaikan suku bunga dapat menguatkan dolar AS dan imbal hasil US Treasury, mengurangi daya tarik emas. Sebaliknya, suku bunga yang lebih rendah dapat melemahkan dolar AS dan imbal hasil US Treasury, membuat emas lebih menarik untuk dikoleksi karena opportunity cost yang lebih rendah.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu