Emas Antam 27/01/2024

Harga emas Logam Mulia yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk mengalami kenaikan pada Sabtu (27/1/2024) di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung. Harga per gramnya naik sebesar Rp2.000 menjadi Rp1.132.000. Demikian pula, harga buyback (harga jual kembali) juga mengalami kenaikan sebesar Rp2.000 per gram, mencapai Rp1.028.000.

Selama satu minggu terakhir, harga emas mengalami penurunan sebesar 0,53%, melanjutkan performa mingguan yang buruk selama dua pekan berturut-turut. Penurunan ini dipengaruhi oleh rilis data ekonomi Amerika yang membuat pasar bergejolak mengenai kebijakan moneter The Fed.

Perangkat CME FedWatch Tool memproyeksikan bahwa The Fed akan mempertahankan suku bunga di kisaran 5,25-5,50% pada pertemuan 30-31 Januari, dengan perkiraan penurunan suku bunga sebesar 89% pada Mei 2024.

Harga emas sangat dipengaruhi oleh pergerakan suku bunga AS. Kenaikan suku bunga AS akan menguatkan dolar AS dan imbal hasil US Treasury, yang merugikan emas karena dolar yang kuat membuatnya kurang terjangkau sehingga permintaan turun. Selain itu, emas tidak memberikan imbal hasil, sehingga kenaikan imbal hasil US Treasury membuatnya kurang menarik.

Di sisi lain, suku bunga yang lebih rendah dapat melemahkan dolar AS dan imbal hasil US Treasury, mengurangi biaya oportunis untuk memegang emas. Sehingga, emas menjadi lebih menarik sebagai investasi.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu