Emas Antam Terkini 04/01/2024

Harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk mengalami penurunan pada Kamis (4/1/2024) di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung. Harga tersebut turun sebesar Rp6.000 menjadi Rp1.122.000. Sementara itu, harga buyback (harga jual kembali emas) juga mengalami penurunan sebesar Rp6.000 per gram, berada di level Rp1.021.000.

Penurunan harga emas Antam sejalan dengan turunnya harga emas di pasar spot dunia. Pada perdagangan Rabu (3/1/2024), harga emas di pasar spot mengalami pelemahan sebesar 0,91% atau hampir 1%, berada pada posisi US$ 2040,19 per troy ons. Pelemahan ini merupakan kelanjutan dari penurunan harga emas sejak 28 Desember 2023, di mana dalam empat hari perdagangan terakhir, harga emas mengalami penurunan sebesar 1,8%.

Penurunan harga emas pada perdagangan Rabu terjadi setelah risalah pertemuan kebijakan terbaru The Fed AS menciptakan ketidakpastian mengenai kemungkinan penurunan suku bunga. Risalah Federal Open Market Committee (FOMC) yang dirilis oleh The Fed pada Rabu waktu AS atau Kamis dini hari waktu Indonesia menunjukkan bahwa pejabat The Fed semakin yakin mengenai terkendalinya inflasi. Namun, masih belum ada kejelasan kapan pemangkasan suku bunga akan dilakukan.

Meskipun risalah rapat The Fed bulan Desember menyampaikan pesan untuk “bertahan,” analis yang berbasis di New York, Tai Wong, menyatakan bahwa penurunan suku bunga akan membutuhkan lebih banyak waktu, terutama dengan kondisi keuangan yang membaik dan tingginya tingkat ketidakpastian.

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Menu