Fitur Passkey WhatsApp

Pengguna WhatsApp di Android kini dapat mengucapkan selamat tinggal pada proses autentikasi dua faktor melalui SMS yang seringkali merepotkan, berkat hadirnya fitur passkey atau kunci sandi.

Perusahaan yang dimiliki oleh Meta mengumumkan di X (sebelumnya Twitter) bahwa mereka telah meluncurkan dukungan untuk fitur kunci sandi tanpa kata sandi kepada semua pengguna Android.

“Pengguna Android dapat dengan mudah dan aman masuk ke akun mereka menggunakan kunci sandi berupa wajah, sidik jari, atau PIN yang akan membuka akun WhatsApp,” demikian dijelaskan dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan pada Senin malam (16/10).

Langkah ini mengikuti langkah yang diambil oleh Google pekan lalu, yang mulai mengharuskan pengguna membuat passkey.

Sebelumnya, fitur kunci sandi ini sedang diuji pada versi beta WhatsApp. Saat ini, belum ada tanggapan dari Meta mengenai apakah fitur serupa akan tersedia untuk pengguna iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS.

Fitur ini dianggap sebagai langkah kecil menuju penghapusan penggunaan kata sandi yang rawan dicuri akibat pelanggaran data atau serangan modus phishing.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa lebih dari 2 miliar pengguna WhatsApp tidak sepenuhnya terlindungi dari segala ancaman digital.

Fitur passkey ini akan membantu mempermudah dan mengamankan akses bagi pengguna yang sudah mengadopsi praktik penggunaan kata sandi yang kuat, sekaligus memberikan keamanan tambahan bagi mereka yang masih menggunakan kata sandi yang mudah seperti “12345,” sebagai contoh.

Apa itu passkey?

Kunci sandi berfungsi menggantikan kata sandi tradisional dengan metode autentikasi yang berkaitan dengan perangkat pengguna.

Dengan kata lain, pengguna dapat mengakses berbagai layanan, termasuk WhatsApp dan Gmail, hanya dengan menggunakan fitur Face ID pada iPhone, sensor sidik jari pada ponsel Android, atau Windows Hello pada komputer pribadi.

Fitur ini didasarkan pada teknologi WebAuthn (Autentikasi Web).

Ketika pengguna membuat passkey, dua kunci berbeda dihasilkan: satu disimpan oleh situs web atau layanan di mana akun pengguna terdaftar, dan satu lagi adalah kunci pribadi yang disimpan pada perangkat pengguna untuk mengonfirmasi identitas.

Bagaimana jika perangkat hilang atau rusak? Passkey beroperasi pada beberapa perangkat, sehingga pengguna dapat memiliki salinan cadangannya.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu