Game Bertema Anti Korupsi

Tiga mahasiswa dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah menciptakan sebuah permainan (game) yang berfokus pada pencegahan korupsi. Game tersebut telah terpilih sebagai salah satu dari 25 tim finalis dalam CIFest (Campus Integrity Festival) 2023 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tim tersebut terdiri dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah, yaitu Qonita Fadhila, Inez Kalyana Azmi, dan Mutiara Gita Cahyani, yang dibimbing oleh dosen Muzakki Bashori. Mereka telah mendapatkan pendanaan sebesar Rp 10 juta untuk mengembangkan game sederhana yang diberi nama “Eradika: The Integrity Chronicles.”

Dengan game “Eradika,” mereka berharap dapat mengedukasi mahasiswa tentang nilai-nilai integritas dan semangat anti-korupsi. Mereka berharap bahwa melalui bermain game ini, kesadaran terhadap integritas dan anti-korupsi akan semakin meningkat di lingkungan kampus dan akan menjadi budaya yang berkelanjutan.

Nama “Eradika” sendiri terinspirasi dari kata bahasa Inggris “eradicate,” yang berarti ‘memberantas.’ Mereka berharap bahwa dengan bermain game ini, mahasiswa akan semakin mendorong nilai-nilai integritas dan anti-korupsi dalam diri mereka.

Tim “Eradika” telah memulai kegiatan penelitian dan pengembangan game ini sejak Juli hingga Oktober 2023. KPK juga memberikan bimbingan dan pengawasan langsung dalam proses ini.

Mereka melakukan diskusi internal, merancang konsep game, mengembangkan game, menyebarkan kuesioner untuk menganalisis kebutuhan, dan menguji game pada mahasiswa semester 1 dan 3 dari Program Studi Pendidikan dan Ilmu Sejarah.

Selanjutnya, mereka mengumpulkan tanggapan dari mahasiswa melalui User Experience Questionnaire (UEQ), meminta evaluasi dari tiga ahli (dua dosen dan satu hakim) terkait game “Eradika,” dan membuat infografis serta video kegiatan.

Secara keseluruhan, game “Eradika” mendapatkan respons positif, baik dari mahasiswa maupun ahli. Sebagai tindak lanjut, empat mahasiswa yang paling aktif selama bermain game akan ditunjuk sebagai Duta Anti-Korupsi di jurusan mereka.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu