Akibat Hujan Deras, Gardu Tambak Lorok Teredam Banjir

Akibat Hujan Deras, Gardu Tambak Lorok Teredam Banjir

Akibat hujan deras pada hari Selasa(23/2/21) membuat beberapa wilayah di Kota Semarang tergenang banjir termasuk Gardu Induk Tambak lorok yang terendam dengan tinggi 60 cm. PLN UPT Semarang sedang mengupayakan penanganan banjir dengan cara mengurangi ketinggian air di Switchyard menggunakan pompa. Serta telah menanggulangi untuk mengurangi potensi kenaikan air di titik kritikal instalasi menggunakan karung berpasir.

I Made Sugarta Merta selaku manager UPT Semarang menjelaskan bahwa telah mengerahkan sekitar 20 Personel Tim PLN ULTG Semarang untuk mengamankan instalasi Gardu Induk Tambak lorok dari banjir. “Saat ini kami terus melakukan monitoring ketinggian level air terhadap peralatan instalasi. Kami upayakan melakukan pengamanan terhadap peralatan instalasi yang berada di titik terendah agar tidak terjadi pemadaman,” jelasnya pada Selasa lalu.

Donny Adriansyah selaku Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang mengatakan PLN dengan terpaksa menghentikan aliran listrik sementara guna mengantisipasi potensi bahaya listrik “Mohon maaf kepada warga yang terdampak penghentian aliran listrik, PLN memprioritaskan keselamatan masyarakat dengan menghentikan sementara aliran listrik sampai banjir surut,” ujar Donny. Pihak PLN juga menghimbau masyarakat untuk mematikan instalasi dari MBC, mencabut colokan listrik, dan memindadhan elektronik ke tempat lenih tinggi. Jika ada kesalahan listrik atau aliran listrik tidak padam saat banjir berlangsung segera laporkan ke PLN Mobile dan Contact Center di 123.

Untuk perkiraan cuaca pada hari Rabu (24/2/21) diperkirakan cuaca hari ini berawan tebal dan berpotensi hujan ringan. Dilansir dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) arah angin dari barat berkecepatan sekitar 20 km/jam, Suhu kota Semarang diperkirakan sekitar suhu 24 hingga 31 derajat celcius dengan kelembaban udara 65-90%.

Di wilayah Pantura diperkirakan berawan dan diguyur hujan ringan. Arah angin dari barat berkecepatan sekitar 20 km/jam dengan suhu 24-31 derajat celcius dengan kelembaban udara 65-95%

Untuk wilayah Sleman, Boyolali, Magelang dan Salatiga diperkirakan berawan dan berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat. Arah angin dari tenggara dengan kecepatan sekitar 20 km/jam, dengan suhu sekitar 30 derajat celcius dan kelembaban udara 70-95%.

Untuk Pantura bagian timur sekitar Gunung Muria dan kawasan di Kudus, Pati, Rembang cuaca diperkirakan hujan ringan dengan arah angin dari tenggara dengan arah angin berkisar 20 km/jam. Suhu berkisar 23-30 derajat celcius dan kelembaban udara sekitar 70-95%.

Untuk wilayah Jawa Tengah bagian Selatan seperti Purbalingga dan Banyumas, cuaca diperkirakan hujan ringan dengan arah angin berkisar 20 km/jam, dengan suhu 24-31 derajat celcius dan suhu udara 65-95%.

Dari penjelasan tersebut potensi hujan sedang hingga lebat memungkinkan untuk disertai petir dan angin kencang di wilayah Pegunungan Tengah, Solo Raya, dan sebagian besar pada wilayan Pantura, Jateng Timur dan sebagian di Barat pada siang atau sore hingga malam hari.

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Menu