Gempa Guncang Pangandaran

Guncangan gempa tektonik menggetarkan wilayah Pangandaran dan sekitarnya pada malam Selasa, 5 September 2023, sekitar pukul 21.35. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat bahwa kekuatan gempa ini mencapai magnitudo 4,7. Gempa tersebut dirasakan lebih kuat di Pangandaran dibandingkan dengan daerah sekitarnya.

Warga Pangandaran merasakan gempa ini seperti getaran seperti truk yang melintas di dalam rumah mereka, dengan tingkat intensitas III MMI. Sementara itu, di daerah Cilacap dan Bantul, gempa hanya dirasakan oleh sebagian orang dan menyebabkan benda-benda ringan yang tergantung bergoyang, dengan tingkat intensitas II MMI.

Di Garut dan Tasikmalaya, gempa terasa dengan tingkat intensitas antara II-III MMI. Sampai saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat gempa ini. Menurut pantauan BMKG hingga pukul 22.00, tidak ada gempa susulan yang terjadi.

Berdasarkan analisis BMKG, gempa magnitudo 4,7 ini berasal dari laut selatan Jawa, berlokasi pada koordinat 8,41 derajat lintang selatan dan 109,05 derajat bujur timur. Gempa ini berjarak sekitar 76 kilometer di arah tenggara Cilacap dan tergolong dangkal dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa ini disebabkan oleh aktivitas sesar di laut.

BMKG menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang belum dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu