Gempa Laut Jawa Utara

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG mengumumkan bahwa pada Rabu, 13 September 2023, pukul 12.34.31 WIB, terjadi gempa tektonik dengan kekuatan magnitudo 5,1 di wilayah Laut Jawa, di utara Jawa Tengah.

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, gempa bumi ini merupakan jenis deep focus yang disebabkan oleh aktivitas slab pull, yaitu tarikan extensional Lempeng Indo-Australia ke bawah pengaruh gaya gravitasi.

Gempa ini terjadi di laut, sekitar 90 kilometer sebelah barat laut Jepara, Jawa Tengah, pada kedalaman mencapai 666 kilometer. Berdasarkan estimasi peta guncangan, gempa ini menghasilkan guncangan dengan skala intensitas II MMI di daerah Jepara dan Kendal. Beberapa orang merasakan getaran, dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sampai saat ini, belum ada laporan kerusakan yang disebabkan oleh gempa ini. Berdasarkan pemodelan, gempa ini tidak berpotensi menghasilkan tsunami.

Daryono mengingatkan agar semua orang tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Ia juga meminta agar dihindari dari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. BMKG terus memantau situasi, dan hingga pukul 12.50 WIB, belum ada tanda-tanda aktivitas gempa susulan.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu