Google Hapus Aplikasi Kripto

Google Bergabung dengan Apple dalam Menghapus Aplikasi Kripto di India
Google Play Store mengikuti jejak Apple dengan menghapus sejumlah aplikasi mata uang kripto, termasuk Binance dan OKX, dari platformnya. Langkah ini diambil karena aplikasi-aplikasi tersebut dianggap melanggar peraturan pemerintah, dengan regulator keuangan India menyatakan bahwa operasional aplikasi-aplikasi tersebut bersifat ilegal.

Pada tanggal 28 Desember 2022, Unit Intelijen Keuangan India mengeluarkan pemberitahuan kepada beberapa bursa kripto global, termasuk Binance dan OKX, yang menginstruksikan mereka untuk mendaftar ke otoritas India. Pemberitahuan tersebut menegaskan bahwa setiap bursa yang menyediakan layanan kepada pengguna India wajib mendaftar sebagai entitas pelapor dan melaporkan transaksi kepada departemen pajak penghasilan.

Tidak mematuhi peraturan ini berakibat pada pemblokiran akses ke situs web bursa tersebut oleh Kementerian Elektronik dan Teknologi Informasi. Meskipun aplikasi telah dihapus dari Google Play Store, Binance memastikan kepada pengguna bahwa akun dan dana mereka tetap aman dan dapat diakses, seperti dilaporkan oleh Crypto Times pada Selasa (16/1/2024).

Langkah tegas ini diambil setelah India memberlakukan pajak sebesar 30% untuk transaksi kripto dan potongan pajak sebesar 1% untuk perdagangan kripto tahun lalu. Kebijakan ini menyebabkan penurunan volume perdagangan karena sejumlah pengguna beralih ke bursa luar negeri yang menawarkan tarif pajak lebih rendah.

India mengesahkan undang-undang pajak kripto yang ketat pada Maret 2022 sebagai upaya untuk mengatur pasar kripto yang tumbuh pesat. Setiap transaksi kripto dikenakan pajak secara terpisah, dengan ketentuan bahwa kerugian tidak dapat mengurangi keuntungan, dan para pedagang diharuskan melaporkan kepemilikan mereka.

Dengan menghapus aplikasi dari Binance dan OKX, pihak berwenang India terus berusaha mengontrol perdagangan kripto dan memberlakukan undang-undang pajak lokal. Dampaknya masih belum jelas bagi komunitas kripto yang sedang berkembang di India.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu