Gugatan Anies-Cak Imin

Anies-Cak Imin Resmi Gugat Hasil Pilpres 2024 ke MK
Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN), secara resmi telah mengajukan gugatan terhadap hasil Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (21/3/2024). Gugatan ini tercatat dengan nomor 01-01/AP3-PRES/Pan.MK/03/2024 dengan pokok perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024.

Menurut informasi yang diperoleh dari laman resmi MK, pihak yang digugat adalah Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Dalam proses pengajuan gugatan tersebut, Tim Hukum Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, yang dikenal dengan sebutan AMIN, hadir di MK dengan membawa sejumlah berkas terkait dugaan penyimpangan dalam Pilpres 2024.

Turut hadir dalam acara pengajuan gugatan tersebut adalah Kapten Timnas AMIN Muhammad Syaugi, Co-Captain Timnas AMIN Thomas Trikasih Lembong atau Tom Lembong, serta advokat sekaligus Dewan Pakar THN AMIN Eggi Sudjana. Ari Yusuf Amir, salah seorang anggota tim hukum AMIN, menyatakan, “Alhamdulillah hari ini kami resmi mendaftarkan ke MK melalui online jam 1 malam. Kami beserta tim hukum didampingi Kapten Timnas Syaugi.”

Lebih lanjut, Ari Yusuf Amir mengungkapkan bahwa mereka hadir untuk melengkapi berkas yang dibawa, dan mereka menerima respon yang baik dan profesional dari pihak MK. Mereka yakin bahwa proses persidangan akan berjalan dengan lancar.

Dalam pengajuan gugatan tersebut, Tim Hukum Nasional (THN) AMIN membawa dua bundel tumpukan berkas yang disampaikan ke MK. Mereka maju ke meja pendaftaran untuk mendaftarkan gugatan tersebut.

Hasil perhitungan suara yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan bahwa Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh suara terbanyak, yakni 96.214.691 atau 58,90 persen. Sementara itu, suara untuk pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, adalah sebanyak 40.971.906 atau 24,94 persen, dan pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, memperoleh 27.040.878 suara atau 16,46 persen.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu