Hal Yang Buat CVT Motor Slip

Transmisi Otomatis Variabel Terus Menerus (CVT) pada sepeda motor otomatis sering mengalami kendala, menyebabkan ketidaknyamanan dalam penggunaannya. Contohnya, percepatan sepeda motor terasa berat atau respon sepeda motor menjadi lambat.

Salah satu faktor penyebab slip pada CVT sepeda motor adalah keengganan untuk melakukan servis. Jika sepeda motor digunakan selama tiga bulan tanpa pernah diservis, ini dapat menyebabkan slip pada CVT karena kotoran menumpuk pada area V-Belt.

Menurut informasi dari Wahana Honda pada 16 Januari 2024, kekotoran pada area CVT dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah oli yang masuk ke dalam area CVT. Permasalahan oli ini dapat terjadi akibat seal kruk as yang rusak, biasanya ditemukan pada sepeda motor yang sudah cukup tua.

Jarangnya penggantian oli juga dapat mempengaruhi keadaan seal kruk as yang mudah rusak. Oleh karena itu, penggantian oli perlu dilakukan secara rutin sesuai dengan panduan. Selain itu, slip pada CVT juga bisa disebabkan oleh kampas ganda yang mulai aus.

Kampas ganda yang tipis membuatnya kurang melekat pada mangkuk, sehingga ketika gas ditarik, muncul gejala slip. Sepeda motor yang sudah berusia lima tahun atau telah menempuh jarak yang tinggi perlu mengganti kampas ganda yang baru.

Untuk itu, pemilik kendaraan diingatkan untuk melakukan servis secara rutin agar semua fitur dan komponen sepeda motor otomatis tetap berfungsi optimal.

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Menu