Hati-Hati Jaringan Wifi Publik

Berhati-hatilah saat menggunakan WiFi di tempat umum. Anda bisa menjadi korban kejahatan WiFi palsu yang dapat mencuri uang di rekening Anda. Salah satu kasus terkait jaringan WiFi palsu berhasil diungkap. Kasus ini terjadi dalam penerbangan domestik dan di bandara di Australia, yaitu Perth, Melbourne, dan Adelaide.

Sebelumnya, karyawan maskapai melaporkan adanya jaringan WiFi mencurigakan selama penerbangan, yang akhirnya membuat Polisi Federal Australia (AFP) melakukan penyelidikan sejak April 2024.

Polisi akhirnya menetapkan seorang pria berusia 42 tahun sebagai terdakwa dalam kasus ini. Mereka menemukan perangkat akses nirkabel portabel, laptop, dan ponsel saat menggeledah kediamannya.

Pria tersebut melakukan serangan ‘evil twin’ atau kembaran jahat. Tech Radar menjelaskan bahwa serangan ini membuat titik akses nirkabel palsu dengan SSID yang mirip dengan jaringan yang sah.

Dengan tipuan ini, korban tidak mencurigai adanya WiFi palsu. Mereka akan terhubung ke laman login palsu dan diminta memasukkan data kredensial yang sensitif seperti data keuangan dan identitas diri.

Anda masih bisa melindungi diri dari serangan tersebut. Inspektur Detektif Kejahatan Dunia Maya Komando Barat, Andrea Coleman, menyarankan untuk memasang VPN dengan reputasi baik.

VPN akan mengamankan data saat Anda berselancar di dunia maya dengan melakukan enkripsi. Selain itu, pengguna sebaiknya tidak tertipu dengan permintaan data pribadi pada WiFi palsu. Coleman menjelaskan bahwa WiFi gratis yang sah tidak memerlukan detail apapun.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu