Hilangkan Lumut Dengan Mudah

Cara mengatasi pertumbuhan lumut pada keramik kamar mandi dan area luar ruangan sebenarnya tidak begitu sulit. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini.

Keramik sering digunakan untuk mempercantik interior dan eksterior rumah, termasuk di kamar mandi, dapur, dan teras. Sayangnya, keramik rentan terhadap pertumbuhan lumut, terutama saat musim hujan seperti sekarang yang membuatnya sering terkena air.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan lumut pada keramik, seperti berikut:

  1. Menggunakan deterjen bubuk: Salah satu cara efektif adalah dengan menggunakan deterjen bubuk, terutama untuk membersihkan lantai kamar mandi. Campurkan deterjen bubuk dengan air bersih, lalu siramkan pada lantai. Sikat dengan sikat lantai yang keras dan bilas dengan air.
  2. Campuran pemutih baju dan detergen: Pada keramik bak mandi dan wastafel, campurkan detergen, pemutih baju, dan air untuk membersihkannya. Gunakan larutan ini untuk menyikat permukaan keramik dengan sikat kecil atau sikat gigi bekas, dan bersihkan hingga ke sela-sela menggunakan spons.
  3. Baking soda: Baking soda memiliki efek menyerap kelembapan dan dapat digunakan untuk membersihkan lumut pada keramik. Campurkan seperempat baking soda dengan air dalam botol semprot, semprotkan pada permukaan keramik yang berlumut, gosok dengan spons kasar, dan bilas dengan air.
  4. Bubuk sitrun: Sitrun atau asam sitrat dalam bentuk bubuk kasar dapat membantu membersihkan keramik dari jamur, lumut, dan bakteri. Taburkan sitrun pada permukaan keramik dan diamkan beberapa jam sebelum menyikat dan membilasnya.
  5. Cuka putih: Cuka putih juga dapat digunakan sebagai alternatif jika tidak dapat menemukan sitrun. Semprotkan cuka putih langsung ke permukaan keramik tanpa diencerkan terlebih dahulu, karena mengandung asam asetat sekitar 5-10 persen.

Dengan menggunakan salah satu dari metode di atas, Anda dapat membersihkan keramik dari lumut dan menjaga keindahan interior dan eksterior rumah Anda.

You might also like

More Similar Posts

Menu