Hindari Makanan Ini Setelah Olahraga

Memilih makanan yang tepat setelah berolahraga merupakan hal yang krusial. Namun, sama pentingnya adalah menghindari konsumsi makanan tertentu setelah beraktivitas fisik. Menurut Barbara Olendzki, seorang pakar kesehatan dari Pusat Kesehatan Chan Universitas Massachusetts, makanan dan minuman yang mengandung pemanis serta makanan tinggi lemak jenuh atau terhidrogenasi sebaiknya dihindari. Olendzki menekankan bahwa makanan tanpa nutrisi, seperti makanan cepat saji, gorengan, dan makanan olahan, dapat mengganggu pembentukan otot dan meningkatkan rasa nyeri.

Leslie Bonci, seorang pakar diet di Kansas, menambahkan bahwa mengonsumsi makanan kering setelah berolahraga tidak disarankan, karena olahraga dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering dan membuat sulit menelan makanan kering. Bonci juga mencatat bahwa beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan asam pasca-olahraga, namun ini dapat bervariasi secara individual. Minuman berkarbonasi setelah olahraga juga dapat menyebabkan kembung dan membuat merasa kenyang lebih cepat.

Selain memilih jenis makanan yang tepat, penting juga untuk mengetahui waktu yang tepat untuk makan setelah berolahraga. Olendzki merekomendasikan menunggu 30 menit setelah berolahraga untuk menghindari kram dan masalah penyerapan makanan. Dia juga menyarankan agar saat berolahraga berat, konsumsi makanan yang mudah dicerna seperti roti, oatmeal, nasi, pisang, saus apel, telur, ayam, dan salmon. Sebaliknya, Mayo Clinic menyarankan untuk tidak menunda makan terlalu lama setelah berolahraga, agar glikogen yang hilang dapat cepat tergantikan dan jaringan otot dapat membangun kembali. Mereka menyarankan untuk makan dua jam setelah berolahraga atau mengonsumsi camilan jika jadwal makan berikutnya lebih dari dua jam lagi.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu