Honda Siapkan Investasi Untuk Motor Listrik

Honda Motor Co. berencana menggelontorkan investasi sebesar 500 miliar Yen atau sekitar Rp 52 triliun untuk mengembangkan bisnis motor listrik pada tahun 2030. Produsen motor asal Jepang ini berambisi memperkenalkan 30 model motor listrik di seluruh dunia mulai akhir dekade ini.

Target penjualan motor listrik Honda juga mengalami peningkatan dari sebelumnya 3,5 juta unit menjadi 4 juta unit pada tahun 2030. Honda berencana mengoperasikan pabrik motor listrik secara global pada sekitar tahun 2027, dengan menerapkan teknologi baru yang dapat mengurangi panjang jalur perakitan sekitar 40 persen.

Daiki Mihara, Kepala Divisi Pengembangan Motor Listrik Honda, menyatakan bahwa tujuan mereka adalah menjual motor listrik dengan harga yang sebanding dengan model berbasis mesin pembakaran internal (internal combustion engine). India dan wilayah ASEAN diidentifikasi sebagai fokus ekspansi pasar, bahkan disebutkan bahwa pembangunan pabrik baru untuk produksi motor listrik mungkin dilakukan di India dan Asia Tenggara.

Honda juga mengungkapkan bahwa mereka telah mengembangkan baterai lithium Ferro-Phosphate, yang direncanakan akan diintegrasikan ke dalam sepeda motor listrik mereka pada tahun 2025. Dengan memiliki berbagai jenis baterai, Honda dapat menyesuaikan aplikasi penggunaan yang lebih luas dan memperluas ragam produk.

Sebagai bagian dari rencana jangka menengah dan jangka panjang, Honda berkomitmen untuk mengeksplorasi baterai dengan kepadatan energi tinggi, termasuk pengembangan baterai solid-state. Hal ini bertujuan untuk mengurangi biaya motor listrik hingga 50 persen.

Selain itu, Honda menargetkan mencapai margin laba operasi lebih dari 10 persen untuk bisnis motor secara keseluruhan pada tahun 2030, dengan margin laba operasi khusus untuk motor listrik sebesar 5 persen pada tahun tersebut.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu