Investasi TikTok Resmi di Tokopedia

Tokopedia Resmi Menjadi Tuan Rumah Layanan TikTok Shop Setelah Menerima Investasi USD 1,5 Miliar
PT Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) telah sukses menerima investasi sebesar USD 1,5 miliar dari TikTok, yang mengarah pada integrasi resmi TikTok Shop Indonesia di bawah PT Tokopedia.

Direktur Utama Grup GoTo, Patrick Walujo, menyatakan bahwa proses integrasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja baik di aplikasi TikTok maupun Tokopedia. Langkah ini telah melibatkan konsultasi dengan berbagai kementerian dan lembaga terkait untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku.

“Pencapaian ini merupakan tonggak bersejarah bagi Grup GoTo dan akan memberikan manfaat yang signifikan bagi Indonesia serta pelaku UMKM,” kata Patrick dalam pernyataan resmi pada Rabu (31/1).

Grup GoTo mencatatkan kinerja solid di kuartal terakhir 2023, dengan berhasil mencapai EBITDA yang positif. Perseroan juga berhasil melampaui panduan kinerja EBITDA untuk tahun 2023.

Patrick menyatakan bahwa setelah mencapai EBITDA yang positif, GoTo akan mempercepat pertumbuhannya, termasuk melalui dukungan dan kerja sama dengan mitra bisnisnya. Selain itu, perusahaan juga akan mengoptimalkan penggunaan modal dan sedang merencanakan alokasi modal ke depan, termasuk kemungkinan pembelian kembali saham, yang akan tunduk pada persetujuan regulator dan pemegang saham.

Direktur Eksekutif E-commerce TikTok Indonesia, Stephanie Susilo, menyatakan kebanggaannya atas kerja sama resmi dengan Tokopedia dan berkomitmen untuk berkontribusi lebih lanjut pada pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia bersama GoTo.

Dalam kemitraan ini, TikTok akan menginvestasikan lebih dari USD 1,5 miliar untuk mendukung operasional bisnis Tokopedia tanpa dilakukan dilusi lebih lanjut terhadap kepemilikan GoTo di Tokopedia. Kesepakatan ini diharapkan dapat memperluas manfaat bagi konsumen dan pelaku UMKM Indonesia.

Pertumbuhan bisnis Tokopedia, khususnya dengan integrasi TikTok Shop Indonesia, diharapkan akan memberikan keuntungan bagi GoTo. Perusahaan akan tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk dalam menyediakan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan layanan on-demand dari Gojek.

GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia dalam bentuk biaya layanan e-commerce, sejalan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut. Hal ini diharapkan akan memberikan dampak positif bagi arus kas Grup GoTo, sejalan dengan fokus Perseroan pada profitabilitas jangka panjang.

Kemitraan ini telah dimulai dengan kampanye Beli Lokal pada bulan Desember yang lalu, yang melibatkan ribuan pedagang lokal dan mencatatkan pertumbuhan penjualan produk lokal yang signifikan. Sebuah survei juga menemukan bahwa sebagian besar pedagang merasakan dampak positif dari kolaborasi antara TikTok dan Tokopedia.

Sebagai komitmen terhadap pengembangan talenta digital dalam negeri, TikTok berkolaborasi dengan GoTo dan UGM untuk mendirikan GoTo x TikTok x UGM Technology Center, sebuah pusat pengembangan talenta digital di GIK UGM.

Melalui inisiatif-inisiatif seperti kampanye #MelokalDenganBatik, TikTok dan Tokopedia berupaya mendukung UMKM lokal dengan memanfaatkan teknologi. Tujuan dari semua inisiatif ini adalah untuk mentransformasi sektor e-commerce Indonesia dan menciptakan jutaan peluang pekerjaan dalam lima tahun ke depan, khususnya di sektor UMKM.

Dalam transaksi ini, Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan bagi Grup GoTo.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu