iOS 17.3: Keamanan dan Pembaruan

iOS 17.3 Resmi Dirilis dengan Fitur Keamanan Baru yang Membuat Pencuri Kesulitan
Apple baru-baru ini meluncurkan sistem operasi terbaru untuk iPhone, yaitu iOS 17.3, versi akhir yang telah lama dinantikan setelah melalui tahap beta. Pembaruan ini membawa berbagai fitur baru, terutama dalam meningkatkan keamanan perangkat iPhone pengguna.

Salah satu fitur keamanan utama yang ditambahkan dalam iOS 17.3 adalah Stolen Device Protection. Fitur ini memperkuat sistem keamanan iPhone dengan memanfaatkan teknologi biometrik seperti Face ID atau Touch ID. Dengan adanya Stolen Device Protection, pengguna diharuskan melakukan otentikasi menggunakan Face ID atau Touch ID untuk mengakses berbagai fungsi atau fitur di iPhone.

Fungsi atau fitur yang membutuhkan otentikasi biometrik ini termasuk melihat kata sandi yang tersimpan di iCloud, mengakses data Apple Card, menonaktifkan Lost Mode, menghapus semua konten dan pengaturan, serta banyak lagi. Hal ini tentu membuat pencuri yang mencuri iPhone pengguna akan kesulitan dalam membobol perangkat tersebut.

Selain otentikasi biometrik, Apple juga menambahkan fitur keamanan tambahan bernama Security Delay. Fitur ini mewajibkan pengguna menunggu selama satu jam sebelum mereka dapat mengakses fungsi kritis iPhone, seperti mengganti kata sandi atau passcode perangkat mereka.

Waktu tunggu satu jam ini dimulai setelah pengguna melakukan otentikasi Face ID atau Touch ID saat mengakses fungsi sensitif atau mengganti passcode iPhone. Setelah menunggu selama satu jam, pengguna harus kembali melakukan otentikasi biometrik untuk menyelesaikan proses penggantian passcode atau fungsi sensitif lainnya.

Security Delay akan aktif secara otomatis ketika iPhone mendeteksi pengguna berada di lokasi yang dianggap “tidak wajar” atau jauh dari lokasi biasa mereka, seperti rumah atau kantor. Hal ini dapat menjadi tanda bahwa perangkat tersebut telah dicuri, dan dengan adanya Security Delay, aksi pencuri dapat dihentikan untuk mengakses data pribadi pengguna.

Pengguna yang ingin menikmati fitur Stolen Device Protection harus mengaktifkannya melalui menu “Settings” > “Face ID & Passcode”. Selain fitur keamanan, iOS 17.3 juga membawa beberapa peningkatan lainnya, termasuk penambahan wallpaper untuk Lock Screen, pembaruan fitur Playlist dan Emoji Reactions di Apple Music, serta perbaikan untuk Crash Detections.

Pembaruan ini juga mencakup fitur AirPlay yang diperbarui, memungkinkan streaming konten di TV “asing”, dan pembaruan AppleCare & Warranty untuk memeriksa perangkat Apple yang masih memiliki garansi. iOS 17.3 kini telah tersedia untuk diunduh secara global bagi pengguna iPhone, dan untuk melakukan pembaruan, pengguna dapat mengunjungi menu “Settings” > “General” > “Software Update”. Seperti versi sebelumnya, iOS 17.3 mendukung iPhone XR ke atas dan iPhone SE 2020 (generasi kedua) ke atas.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu