Israel Serang Iran di Suriah

Israel Gempur Iran di Suriah, Sasaran Utama Penyuplai Senjata
Dalam serangan terbaru, militer Israel menggempur Suriah dengan menargetkan truk kargo, infrastruktur, dan individu yang terlibat dalam hubungan dengan Iran. Berdasarkan informasi dari sumber-sumber terpercaya kepada Reuters, Israel fokus pada semua pihak yang terlibat dalam pengiriman senjata Iran ke Suriah.

Seorang perwira intelijen militer Suriah dan seorang komandan aliansi regional mengungkapkan bahwa Israel mengubah strategi mereka setelah serangan oleh kelompok Hamas pada 7 Oktober di wilayah Israel. Meskipun sebelumnya sering menyerang wilayah terkait Iran di Suriah, kini Israel melancarkan serangan udara yang lebih mematikan.

Sumber menyebutkan bahwa Israel lebih sering menargetkan pengiriman senjata dan sistem pertahanan udara Iran di Suriah. Mereka juga dilaporkan meninggalkan pendekatan konvensional dengan memberikan tembakan peringatan, dan kini seringkali menyerang langsung, bahkan menyebabkan korban jiwa di antara anggota Hezbollah.

Komandan tersebut menjelaskan bahwa serangan udara yang intensif dalam tiga bulan terakhir telah menewaskan 19 anggota Hezbollah di Suriah. Reuters mencatat lebih dari 130 pejuang Hezbollah tewas di Lebanon selatan akibat penembakan Israel dalam periode yang sama.

Meskipun serangan ini menciptakan ketegangan, militer Israel tidak memberikan tanggapan atas pertanyaan Reuters tentang peningkatan intensitas serangannya. Seorang pejabat senior Israel, yang tidak disebutkan namanya, menyatakan bahwa Hezbollah memulai pertempuran ini dengan serangan pada 8 Oktober 2023, dan Israel menjalankan strategi pembalasan.

Dalam sebuah pidato pada 5 Januari 2024, pemimpin Hezbollah, Sayyed Hassan Nasrallah, mengungkapkan kerugian pejuang dalam penembakan Israel di Suriah dan menyatakan kesiapannya untuk merespons di front Lebanon jika anggotanya terus diserang.

Diketahui bahwa serangan drone Israel pada 8 Desember menewaskan tiga pejuang Hezbollah, dan serangan lainnya di Quneitra, Suriah selatan, menargetkan dua pejuang Hezbollah yang terlibat dalam transfer senjata. Serangan lain di akhir Desember menewaskan empat individu dalam serangan terhadap gedung dan truk yang digunakan oleh kelompok milisi yang bersekutu dengan Iran di sepanjang perbatasan timur Suriah dengan Irak.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu