Jaga Kebersihan Rumah Agar Bebas Jamur

Ketika musim hujan tiba, kelembapan udara di dalam rumah cenderung meningkat. Untuk mencegah pertumbuhan jamur, perlu diperhatikan kebersihan rumah. Jamur yang berkembang di ruangan yang lembap dapat menyebabkan berbagai penyakit, sehingga perlu melakukan pembersihan secara rutin.

Membersihkan rumah tidak hanya sebatas menyapu atau mencuci saja, tetapi juga memerhatikan barang-barang yang telah menumpuk selama bertahun-tahun di dalam rumah. Berikut beberapa tips menjaga kebersihan rumah selama musim hujan:

1. Melakukan disinfeksi secara rutin. Sebelum melakukan sanitasi, identifikasi permukaan yang sering disentuh, seperti gagang pintu, sakelar lampu, meja dapur, dan gagang peralatan. Bersihkan permukaan ini secara teratur dan juga bersihkan permukaan yang terlihat kotor, seperti meja dapur.

2. Mengelola tingkat kelembapan udara. Studi tahun 2021 menunjukkan bahwa tingkat kelembapan antara 40 dan 60% dapat mengurangi risiko penularan virus dan membuat beberapa virus tidak dapat bertahan hidup di udara. Pastikan tingkat kelembapan dalam ruangan tetap optimal dengan menggunakan humidifier jika perlu, terutama saat musim hujan.

3. Rutin mencuci sprei. Mengganti dan mencuci sprei setiap minggu dapat mencegah penumpukan kotoran dan bakteri, membantu menjaga kebersihan rumah dari jamur dan alergen.

4. Merapikan pintu masuk. Pintu masuk yang teratur dapat mencegah kuman masuk ke dalam rumah. Tips melibatkan melepas sepatu, menyimpan alas kaki di tempat khusus, menggunakan wadah untuk barang-barang di pintu masuk, dan memastikan penerangan yang cukup.

5. Membersihkan setiap malam. Membersihkan rumah setiap malam dapat memberikan ketenangan pikiran saat tidur. Bahkan pembersihan minimal dapat membantu mengurangi tingkat stres, dan merapikan barang-barang dapat memudahkan proses pembersihan dan disinfeksi.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu