Jaga Konsumsi Gula Dengan Cara Berikut Ini

Berlebihan mengonsumsi gula dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes, yang merupakan ancaman serius bagi kesehatan organ tubuh dan bahkan nyawa. Oleh karena itu, perubahan gaya hidup dan pola makan menjadi langkah penting dalam mencegah penyakit ini.

Salah satu upaya untuk menghindari diabetes adalah dengan mengurangi konsumsi gula. Kementerian Kesehatan merekomendasikan batasan asupan gula harian maksimal sebesar 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan.

Selain membantu mengurangi risiko diabetes, pembatasan konsumsi gula juga berperan dalam pencegahan penuaan, penghilangan lemak perut, dan mencegah penyakit jantung.

Meskipun mengurangi gula dalam makanan sehari-hari bukan tugas yang mudah, terutama bagi mereka yang menyukai rasa manis, ada beberapa cara sederhana yang bisa dicoba untuk mengurangi konsumsi gula.

1. Mengurangi konsumsi makanan olahan yang tinggi gula, garam, dan lemak, seperti biskuit dan kue, serta lebih memilih makanan alami seperti buah-buahan segar.

2. Mengganti soda dengan air berkarbonasi (sparkling water) untuk mengurangi asupan gula sebanyak 35 gram.

3. Memilih yogurt plain daripada varian berperisa yang mengandung gula tambahan.

4. Mengganti roti putih dengan roti biji-bijian, karena roti putih cenderung mengandung lebih banyak gula.

5. Lebih sering memasak dan membawa bekal dari rumah untuk mengontrol takaran gula dan garam dalam makanan.

6. Memilih es krim alternatif yang lebih sehat dengan menggunakan buah-buahan alami dan madu sebagai pemanis.

7. Memilih sereal dengan biji-bijian, oat, atau buah kering yang lebih rendah gula untuk menghindari konsumsi gula berlebihan.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu