Jalin Sinergi UMKM Erpan

Membangun Sinergi untuk Meningkatkan Kapasitas Pelaku UMKM
Program “Caleg Kita” di Jawa Pos TV Semarang kini diperkaya dengan kehadiran H Erpan S.Sos.I, MM., calon anggota DPRD Kota Semarang dari Dapil IV yang meliputi Gajahmungkur, Banyumanik, dan Gunungpati.

Melihat kondisi ekonomi yang memprihatinkan, Erpan merespons dengan merancang program konkret untuk memberdayakan masyarakat, khususnya para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satu inisiatifnya adalah memberikan pelatihan UMKM, dengan fokus pada pengembangan keterampilan dan peningkatan kapasitas.

Program yang telah dilaksanakan oleh Erpan melibatkan pelatihan batik Semarangan dengan menggunakan teknik gesek godong. Mentor yang terlibat dalam pelatihan ini berasal dari Batik Godong Asem. Erpan berharap bahwa program ini dapat memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di wilayahnya.

“Insha Allah akan berjenjang, terutama di wilayah Bendungan, Gajahmungkur, dan Dapil IV secara keseluruhan yang bersinergi dengan pelaku UMKM,” ungkap Erpan.

Selain pelatihan batik, Erpan juga mengadakan pelatihan tata boga atau kuliner, terutama bagi para ibu. Kegiatan ini mencakup pembuatan kripik bayam, mendoan, bakwan, dan berbagai produk kuliner lainnya. Erpan mencatat bahwa Gunungpati memiliki potensi sumber daya yang melimpah, sehingga pelatihan ini dapat mendukung pengembangan UMKM di bidang kuliner.

Meskipun baru tinggal di Semarang, Erpan, yang berasal dari Demak, memiliki tekad kuat untuk membantu memperbaiki kondisi ekonomi di Dapil IV. Sebagai seorang pengusaha di bidang jasa umrah dan haji, Erpan menegaskan bahwa ia tidak akan mencampuradukkan antara urusan politik dan bisnisnya.

“Saya tidak akan terlibat dalam praktik-praktik semacam itu, karena ini melibatkan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Erpan juga berbagi latar belakang keputusannya untuk maju sebagai calon anggota dewan. Ia mengungkapkan bahwa ajakan untuk terlibat dalam dunia politik sudah datang sejak tahun 2010, namun ia secara khusus memutuskan untuk maju dua tahun lalu, terutama setelah melihat dampak pandemi di Mekah yang membuatnya merenung tentang kontribusinya bagi masyarakat.

Dengan upaya yang telah dilakukannya, Erpan berharap bahwa semua kegiatan ini dapat menghasilkan hasil yang positif dan memberikan dampak yang berkelanjutan, sehingga masyarakat selalu mengingat kontribusinya. (fgr/web/bas)

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu