Jangan Asal Pasang Kaca Film Mobil Listrik

Mengganti kaca film pada mobil listrik tidak sama seperti mobil konvensional. Terdapat pertimbangan keselamatan yang lebih penting karena kesalahan dalam pemasangan dapat berakibat fatal. Andi Setiawan, Presiden Direktur PT Global Auto International, selaku distributor kaca film ICE-u, menjelaskan bahwa proses ini memerlukan perhatian khusus agar tidak menimbulkan masalah.

“Pemasangannya berbeda dengan mobil biasa. Diperlukan langkah-langkah tertentu agar cairan kaca film tidak masuk ke dalam mobil dan mengenai baterai,” ujar Andi di Jakarta, pada Rabu (17/1).

Dia menjelaskan bahwa selama proses pemasangan, teknisi harus menggunakan alat tambahan untuk mencegah air masuk ke sela-sela kaca, terutama di bagian kaca depan dan dasbor. Ini karena air bekas pemasangan kaca film dapat mengalir ke area baterai yang terletak di bagian dek kabin.

“Ketidakhati-hatian dalam pemasangan dapat menyebabkan kerusakan pada baterai dan mengakibatkan kesalahan pada mobil. Sebelumnya, telah terjadi kasus pada mobil listrik Wuling, di mana air masuk ke baterai karena kesalahan pemasangan,” tuturnya.

Efeknya, mobil listrik Wuling Binguo yang dimaksud mengalami kerusakan pada bagian elektronik. “Jika air masuk ke dalam baterai, tentu akan menimbulkan masalah. Oleh karena itu, dalam melakukan pemasangan, diperlukan kehati-hatian dan perhatian pada detail-detail tertentu,” ungkapnya.

Sebelumnya, pemilik salah satu mobil Binguo mengalami masalah pada tuas transmisi setelah mengganti kaca film. Permasalahan ini menyebabkan notifikasi di spidometer P dan A dicoret, menunjukkan adanya kesalahan pada sistem rem parkir elektrik dan auto hold.

Masalah ini memengaruhi perpindahan tuas transmisi sehingga tidak dapat masuk ke posisi D, dan kendaraan terdiam di posisi P. Pemilik kendaraan mengungkapkan bahwa masalah tersebut muncul setelah mengganti kaca film, meskipun selama pemasangan sudah dilakukan penutupan bagian dasbor dengan handuk dan plastik agar air tidak merembes ke komponen elektrikal.

Namun, setelah membawa mobil ke bengkel resmi, ternyata masalah tersebut disebabkan oleh cairan yang merembes dan mengakibatkan gangguan pada komponen elektrikal. Pemilik kendaraan memberikan peringatan kepada calon pembeli Binguo EV untuk lebih berhati-hati saat mengganti kaca film, memastikan instalasinya dilakukan dengan ekstra hati-hati.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu