Terus Berinovasi Saat Pandemi, Jateng Masuk Nominasi Penghargaan Pembangunan Bappenas

Jawa Tengah masuk ke dalam nominasi penerima penghargaan pembangunan daerah 2021 dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)

Semarang – Provinsi Jawa Tengah masuk ke dalam nominasi penerima penghargaan pembangunan daerah 2021 dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Hal tersebut diketahui karena adanya beragamnya inovasi pelayanan publik di tengah pandemi Covid-19.

Salah inovasinya yaitu program Jogo Tonggo. Program yang diinisiasi oleh Gubernur Ganjar Pranowo, dinilai efektif mengatasi persoalan masyarakat sampai tingkat bawah. Dengan menggerakkan kekuatan dari bawah, program tersebut menjadikan Jawa Tengah masuk nominasi penghargaan.

“Program Jogo Tonggo merupakan respon atas pandemi yang datang tiba-tiba. Saat semua sektor dilemahkan dan anggaran terbatas, tidak mungkin penanganan hanya satu lembaga,” kata Ganjar Pranowo pada, Sabtu (03/4).

Ide Jogo Tonggo ini memanfaatkan kekuatan dari bawah dengan mengoptimalkan Dasa Wisma, PKK, Linmas, dan lainnya yang sukses menjadi garda terdepan penanganan pandemi hingga ke pemukiman masyarakat.

“Tak hanya soal kesehatan, tapi juga pemenuhan pangan. Ada program canthelan, program anak-anak muda menggantungkan bahan makanan di depan rumah-rumah warga saat pandemi. Bahkan turunannya, untuk membeli bahan pokok kami sarankan membeli di warung tetangga. Dengan begitu, masyarakat saling menguatkan secara ekonomi di tengah pandemi,” imbuhnya.

Program ini telah sukses dan memunculkan inovasi lain diantaranya Jogo Kyai-Jogo Santri di pondok pesantren, Jogo Kerjo di kantor dan industri, dan Jogo Sekolah.

Pj Sekda Jateng, Prasetyo Ariwibowo  juga menerangkan bahwa inovasi ini telah menjadi budaya sejak adanya kepemimpinan Ganjar Pranowo. Inovasi dan kreasi pelayanan publik serta pemerintahan terus muncul. Selama tiga tahun terakhir, diketahui sekitar 2000-an inovasi terus bermunculan.

You might also like
Tags: , , , , , ,

More Similar Posts

Menu