Jokowi Ingin Mahasiswa Merdeka

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meminta para mahasiswa tidak dibatasi dalam meningkatkan wawasan dan kualitasnya. Mahasiswa harus diberikan kemerdekaan.

Jokowi menyampaikan pernyataan tersebut, bertujuan supaya para rektor dan perguruan tinggi memberi dan memfasilitasi mahasiswa dalam meningkatkan kualitasnya, bukan memagari.

“Jangan mahasiswa dipagari oleh terlalu banyak program-program studi di fakultas,” ugkap Jokowi dalam pertemuan dengan MRPTNI di Solo, pada Senin (13/9/2021).

Jokowi ingin para mahasiswa mengembangkan bakat dan minat meski tak sesuai program studi (prodi). Jokowi klaim, hal tersebut penting untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi era industri 4.0. Sering kali minat dan bakat mahasiswa tak sesuai prodi yang dipilih. Namun, menurut Presiden, hal tersebut bukan masalah dan justru harus difasilitasi.

Sebagai contoh, Jokowi menceritakan kisah Budi Gunadi Sadikin, lulusan Fisika Nuklir Institut Teknologi Bandung (ITB). Setelah lulus, Budi berkarier sebagai bankir hingga menjabat Direktur Utama Bank Mandiri. Kini Budi menjadi Menteri Kesehatan.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu