Kabar Baik untuk Petani! Jokowi Upayakan Peningkatan Nilai Tambah Sektor Pertanian

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berharap nilai tambah sektor pertanian dapat meningkat. Mengapa sektor pertanian? Sektor pertanian terbukti mampu bertahan selama pandemi Covid-19 dan menjadi sektor unggulan.

“Kita harus manfaatkan momentum pandemi ini untuk meningkatkan nilai tambah di sektor pertanian, karena di tengah pandemi covid-19 sektor pertanian menjadi sektor unggulan, bisa tetap bergerak produktif dan melibatkan banyak tenaga kerja,” ungkap Presiden dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2021, Rabu (25/8/2021).

Tercatat, pada kuartaal I 2021, sektor pertanian mampu menunjukan angka pertumbuhan sebesar 2,95 persen sementara pertumbuhan ekonomi minus 0,74 persen. Sektor pertanian kembali tumbuh positif di kuartal II 2021, yakni sebesar 0,38 persen.

“Saya yakin, Insyaallah, di kuartal III sektor pertanian juga masih bisa tumbuh lebih baik lagi, karena potensi pasar tetap masih sangat besar baik dalam negeri maupun ekspor keluar,” ujar Jokowi.

Presiden menyebutkan, potensi ekspor produk pertanian masih terbuka lebar dan sejumlah produk pertanian juga berpotensi menjadi produk ekspor besar. Kepala negara juga menyiah terkait pengolahan umbi porang, sarang burung walet, dan edamame. Beliau berharap, produk-produk unggulan tersebut diekspor tidak hanya dalam bentuk mentah melainkan barang jadi.

“Saya titip agar komoditas porang ini didorong agar bisa sampai hasilkan barang jadi baik berupa kosmestik, beras, atau berupa makanan yang lainnya,” tutur Jokowi.

Di sisi lain, Jokowi juga meminta jajarannya memaksimalkan kelembagaan petani dari sabang hingga merauke dengan meningkatkan peran badan usaha milik petani baik koperasi atau BUMDes. Kendati demikian, nilai tambah dari pasca panen dapat meningkat.

Jokowi menjanjikan pemanfaatan teknologi dan platform digital bagi para petaani demi mendorong produktivitas dan memotong rantai pemasaran.

“Kita harus serius menggarap ini, bukan hanya untuk meningkatkan nilai tukar tukar petani dan kesejahteraan petani tapi untuk menghasilkan sebuah lompatan sehingga sektor pertanian punya kontribusi semakin besar dalam menggerakkan mesin pertumbuhan ekonomi,” pungkas Presiden

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Menu