Kabar Rupiah 05/02/2024

Pada pagi Senin (5/2), nilai tukar rupiah berada di posisi Rp15.710 per dolar AS, mengalami pelemahan sebesar 50,5 poin atau 0,32 persen dari sesi perdagangan sebelumnya. Mata uang Garuda tidak sendirian, seiring mata uang di kawasan Asia turut merosot. Baht Thailand, peso Filipina, won Korea Selatan, yuan China, dan dolar Singapura masing-masing melemah dengan persentase yang berbeda.

Yen Jepang dan dolar Hong Kong juga mengalami pelemahan pada pembukaan perdagangan pagi ini. Mata uang utama negara maju juga mengalami tren serupa, dengan euro Eropa, poundsterling Inggris, dan dolar Australia melemah dalam rentang persentase tertentu. Franc Swiss dan dolar Kanada juga tercatat melemah.

Analis Pasar Lukman Leong memproyeksikan bahwa rupiah kemungkinan akan melemah pada awal perdagangan, dipengaruhi oleh data tenaga kerja Amerika Serikat (AS) yang dirilis dan menunjukkan kekuatan yang lebih besar dari perkiraan. Namun, pelemahan tersebut diperkirakan tidak akan terlalu signifikan karena para investor tengah menanti data pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2023 yang akan diumumkan pada siang hari. Lukman berpendapat bahwa rupiah hari ini kemungkinan akan bergerak dalam kisaran Rp15.650 hingga Rp15.800 per dolar AS.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu