KAI Luncurkan Kereta Tidur

KAI Segera Memperkenalkan Kereta Tidur Kelas Suite, Ini Tampakannya
Setelah merilis Kereta Ekonomi Generasi Baru, PT Kereta Api Indonesia (Persero) sedang bersiap untuk menghadirkan kejutan lain. KAI akan segera memperkenalkan kereta tidur yang menawarkan kenyamanan dan privasi maksimal kepada penumpangnya.

KAI telah memberi nama produk terbarunya sebagai “Kereta Suite Kelas Kompartemen.” Melalui akun Instagram resmi KAI, mereka menjelaskan bahwa produk ini menggabungkan sentuhan kemewahan dengan teknologi canggih dan privasi yang eksklusif dalam sebuah kompartemen.

Wakil Presiden KAI, Joni Martinus, masih merahasiakan spesifikasi lengkap kereta ini serta tanggal resmi peluncurannya.

“Maaf, kami akan merilis detailnya saat peluncuran resmi. Mohon bersabar dan tunggu tanggalnya untuk kejutan yang akan kami hadirkan,” kata Joni kepada CNBC Indonesia pada Rabu (27/9/2023).

Dari video yang telah dibagikan, Kereta Suite Kelas Kompartemen ini memiliki kemiripan dengan fasilitas yang biasa ditemui pada Kereta Api Sleeper Luxury dan Sleeper Class di bus double decker. Penumpang akan memasuki gerbong khusus yang dinamai Kereta Suite Kelas Kompartemen.

Di dalam kereta ini, terdapat beberapa ruangan kecil yang dirancang untuk satu penumpang saja. Fasilitasnya mencakup kursi yang dapat direbahkan secara elektrik hingga 140 derajat, kursi yang bisa diputar 180 derajat, sandaran kaki elektrik, televisi, sumber daya pengisian USB, meja lipat, tombol panggilan penjaga kereta, serta berbagai fasilitas lainnya untuk meningkatkan kenyamanan. Selain itu, pintu dapat digeser secara otomatis.

Sebelumnya, KAI telah memperkenalkan inovasi lain dengan menghadirkan Kereta Ekonomi Generasi Baru, yang memiliki 72 kursi sehingga memberikan lebih banyak ruang untuk penumpang. Jenis kursi juga telah ditingkatkan dengan menggunakan kursi tipe kapten, yang membuat penumpang merasa lebih nyaman dengan kemampuan merebahkan kursi dan mengatur sudutnya sesuai keinginan, baik menghadap ke depan maupun berhadapan.

Selain upgrade pada kursi, perubahan juga dilakukan pada interior kereta dengan penambahan Public Information Display System (PIDS) yang menampilkan jam dan suhu. Interior kereta juga diubah agar mirip dengan kereta eksekutif, termasuk dalam hal bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah. Perubahan juga terjadi pada fasilitas toilet yang lebih mewah dan dilengkapi dengan toilet duduk. Kereta restorasi juga memiliki fasilitas tempat ibadah.

Kereta Ekonomi Generasi Baru adalah hasil modifikasi yang telah dilakukan oleh KAI di Balai Yasa Manggarai, Jakarta Selatan, yang merupakan tempat perawatan sarana perkeretaapian milik KAI. Hingga saat ini, sebanyak 12 kereta ekonomi telah berhasil dimodifikasi di Balai Yasa Manggarai sejak April 2023.

Dengan pengoperasian Kereta Ekonomi Generasi Baru, stamformasi KA Jayabaya kini terdiri dari 4 kereta eksekutif (K1), 5 kereta ekonomi generasi baru (K3 NG), dan 1 kereta makan pembangkit (MP3).

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu