Kamera Mirrorless Desain Retro

Kamera Mirrorless dengan Sentuhan Retro: Pilihan Kamera yang Unik di Pasaran

Kamera mirrorless telah menjadi pilihan populer bagi para fotografer yang menginginkan tangkapan gambar berkualitas tinggi, tetapi sebagian model kamera ini juga menonjol dengan desain retro yang mengingatkan pada kamera-kamera jadul. Contohnya adalah serangkaian kamera Fujifilm yang menampilkan kenop ISO, kecepatan rana, dan aperture yang mirip dengan kamera film lama. Nikon juga tidak ketinggalan dengan peluncuran kamera mirrorless yang memiliki tampilan mirip DSLR legendaris dari era 80-an.

Desain retro ini memiliki daya tariknya sendiri, baik bagi fotografer berpengalaman yang ingin bernostalgia maupun bagi generasi muda yang ingin tampil beda. Berikut ini adalah 5 pilihan kamera mirrorless dengan desain retro yang tersedia di pasaran:

1. Nikon Z f/ Z fc
Nikon Z f adalah salah satu kamera mirrorless terbaru dari Jepang yang telah dirilis baru-baru ini. Tampilannya langsung mengingatkan pada kamera film legendaris dari era musik synthwave. Desain Z f mengacu pada FM2, kamera SLR film 35 mm Nikon yang terkenal dengan bodi logamnya. Keberadaan kenop kecepatan rana dan ISO di bagian atas, serta punuk viewfinder yang dilapisi bahan mirip kulit, membuat kesan retro semakin kuat. Meskipun tampilannya klasik, Nikon Z f tetap memiliki teknologi modern, seperti sensor full frame 24.5 MP dengan IBIS 5-axis 8-stop, dan image processor Expeed 7. Kamera ini juga dapat merekam video 4K 30p atau FHD 120p. Harganya belum diketahui di pasar Indonesia, namun sebagai referensi, Nikon Z f dijual sekitar 2.000 dolar AS (sekitar Rp 30,7 juta) di pasar internasional.

2. OM Systems OM-5
OM Systems OM-5 adalah kamera mirrorless dari Olympus yang memiliki tampilan retro ala seri OM SLR film. Meskipun bisnis kamera Olympus telah dijual ke Japan Industrial Partners Inc. pada tahun 2021, produk-produknya masih ada dan dikenal sebagai OM Systems. OM-5 dirilis pada akhir 2022 dan memiliki tampilan yang mirip dengan model E-M5 Mark III, termasuk top dan bottom plate berwarna silver. Spesifikasinya telah diperbarui dengan sensor micro four-thirds 20 MP dengan IBIS 7,5-stop, layar sentuh 3 inci dengan engsel vari-angle, serta tahan air dan debu dengan sertifikasi IP53. Di Indonesia, OM Systems OM-5 hadir dalam pilihan warna hitam dan silver dengan harga sekitar Rp 19,5 juta untuk body only.

3. Fujifilm X-Pro3
Fujifilm X-Pro3 mengadopsi desain retro ala kamera rangefinder dengan tampilan hybrid viewfinder. Bodi X-Pro3 memiliki bahan yang mirip dengan kulit dengan bottom dan top plate dari logam. Layar lipat di bagian belakang dapat ditutup untuk mengungkapkan layar sekunder yang berisi informasi setting, meningkatkan kesan retro. Meskipun memiliki tampilan klasik, X-Pro3 memiliki spesifikasi modern, seperti sensor APS-C 26 MP X-Trans, layar sentuh 3 inci, dan kemampuan merekam video hingga resolusi DCI 4K 30 fps. Di Indonesia, Fujifilm X-Pro3 dijual dengan harga sekitar Rp 28 juta.

4. Fujifilm X-T5
Fujifilm X-T5 adalah model terbaru dari lini X-T yang memiliki tampilan retro ala SLR. Kamera ini memiliki sensor APS-C 40 MP X-Trans dengan IBIS 7-stop, layar sentuh 3 inci yang dapat dibengkokkan, dan ketahanan terhadap cuaca. Fujifilm X-T5 juga memiliki berbagai kenop pengaturan ala kamera analog untuk memilih ISO, kecepatan rana, dan exposure compensation. Fujifilm X-T5 dijual di Indonesia dengan harga sekitar Rp 28 juta.

5. Sony A7C/ A7C Mark II
Sony A7C adalah kamera mirrorless full-frame berdesain ringkas dengan tampilan ala rangefinder. Meskipun Sony cenderung fokus pada fungsi daripada estetika, A7C memiliki tampilan retro yang menarik. Kamera ini memiliki sensor full frame 24 MP dan kemampuan merekam video yang canggih. Sony memasarkan A7C dengan harga sekitar Rp 23 juta. Versi penerus, A7C Mark II, akan segera dirilis di Indonesia dengan sejumlah peningkatan termasuk sensor full frame 33 MP, kemampuan video yang lebih tinggi, dan autofokus dengan kecerdasan buatan.

Demikianlah beberapa pilihan kamera mirrorless dengan desain retro yang unik di pasaran. Pilihan kamera ini cocok bagi para fotografer yang menginginkan kombinasi antara tampilan klasik dan teknologi modern.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu