Keamanan Ponsel NSA

NSA Ungkap Tips Keamanan untuk Android dan iPhone. Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (National Security Agency/NSA), yang juga merupakan lembaga intelijen, telah membagikan sejumlah tips untuk menjaga keamanan ponsel, baik itu Android maupun iOS.

NSA memberikan panduan bagi pengguna ponsel yang khawatir data mereka dicuri, aplikasi perbankan diretas, atau terkena ransomware. Salah satu rekomendasi utama adalah menggunakan PIN enam digit sebagai password, dengan catatan pengguna harus mengaktifkan opsi penghapusan data ponsel setelah 10 kali salah memasukkan PIN.

Tips lainnya termasuk mematikan Bluetooth saat tidak digunakan dan menghindari penggunaan jaringan WiFi publik. Pengguna juga disarankan untuk mematikan opsi WiFi saat tidak digunakan dan menghapus jaringan WiFi yang tidak terpakai dari ponsel.

Pengguna juga diingatkan untuk selalu menjaga kontrol fisik terhadap ponsel mereka, yaitu tidak membiarkan ponsel digunakan oleh orang tak dikenal. Demikian dilaporkan oleh detikINET dari Phone Arena pada Senin (3/6/2024).

Dalam hal penggunaan aplikasi, disarankan untuk hanya menginstal aplikasi yang benar-benar diperlukan dan digunakan setiap saat. Pengguna harus mengunduh aplikasi hanya dari sumber resmi, yaitu App Store untuk iOS dan Play Store untuk Android. Selain itu, aplikasi yang sudah tidak digunakan sebaiknya ditutup.

Saat ada pembaruan firmware untuk ponsel atau aplikasi, NSA menyarankan untuk segera menginstalnya. Mereka juga mengingatkan agar tidak menggunakan perangkat untuk mengirimkan informasi sensitif dan tidak membuka lampiran atau tautan dari email yang tidak dikenal.

NSA juga menekankan untuk tidak sembarangan mengisi daya ponsel di tempat-tempat pengisian daya publik. Jika ada pesan pop-up yang muncul, segera tutup semua aplikasi yang sedang terbuka.

Selain itu, melakukan jailbreak pada iPhone atau root pada Android sangat tidak disarankan. Layanan lokasi (Location Services) sebaiknya dimatikan jika tidak digunakan, dan ponsel perlu di-restart secara rutin, setidaknya seminggu sekali.

Dengan mengikuti tips ini, diharapkan pengguna dapat lebih menjaga keamanan data dan privasi mereka di perangkat ponsel.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu