Kebiasaan Ini Bikin Badan Cepat Gemuk

Ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari dapat membuat tubuh cepat menjadi gemuk. Meskipun kita menyadari bahwa mengonsumsi camilan tinggi kalori dapat membuat lingkar pinggang bertambah lebar, demikian juga dengan kebiasaan makan berat tengah malam yang dapat berdampak ‘berbahaya’ pada timbangan, masih ada kebiasaan-kebiasaan tertentu yang sering dilakukan dan tanpa disadari dapat membuat berat badan melonjak. Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan:

1. Mengonsumsi daging olahan seperti sosis, salami, bacon, dan kornet terlihat praktis, namun penelitian dari New England Journal of Medicine menemukan bahwa kebiasaan ini dapat dengan cepat menambah berat badan.

2. Memilih makanan yang berlabel ‘low fat’ tidak selalu aman untuk berat badan karena produsen pangan sering mengganti lemak dengan karbohidrat sederhana yang dapat memicu lonjakan gula darah dan meningkatkan rasa lapar.

3. Mengonsumsi makanan yang tinggi garam, seperti daging olahan, keju, saus salad, saus cabai, dan kecap manis, dapat menyebabkan penumpukan cairan di tubuh dan peningkatan berat badan.

4. Kurang minum dapat menjadi kebiasaan buruk yang membuat badan cepat gemuk, karena penelitian menunjukkan bahwa minum dua gelas air sebelum makan dapat membantu mengurangi berat badan.

5. Makan dengan cepat dapat menyebabkan asupan kalori berlebihan, karena otak memerlukan waktu untuk memproses sinyal kenyang, dan makan dengan cepat membuat lebih mudah untuk mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang sebenarnya dibutuhkan tubuh.

6. Menggunakan piring besar dapat mempengaruhi berat badan, karena studi menunjukkan bahwa orang yang obesitas cenderung memilih piring yang lebih besar. Disarankan untuk menggunakan piring kecil dan menambah porsi makan jika diperlukan.

7. Menggunakan makanan sebagai pelampiasan emosi, seperti makan sebagai respons terhadap stres emosional, dapat menjadi kebiasaan buruk yang membuat badan cepat gemuk, menurut studi dari University of Alabama.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu