Kebijakan Vaksinasi Bagi Tenaga Pendidikan

Kebijakan Vaksinasi Bagi Tenaga Pendidikan

Kebijakan vaksinasi Covid-19 untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau PTK, merupakan langkah untuk memudahkan kegiatan belajar para siswa khususnya bagi mereka yang kesulitan menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) seperti peserta didik PAUD, SD, dan SLB.

Dr. Yaswardi selaku Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Menengah dan Pendidikan menyatakan prioritas vaksinasi bagi guru guna mendukung akselerasi penyelenggaraan pembelajaran tatap muka.

Sesuai dengan amanat Presiden Jokowi dimana seluruh PTK mendapat prioritas vaksinasi mulai dari tanggal 24 Februari lalu, dimana seluruh PTK medapatkannya mulai dari pendidikan negeri hingga swasta.

Dalam pemberian vaksinasi pada PTK haruslah ada data dari Kemendikbud dan Kemenag. “Kita juga akan memperhatikan respons pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota terkait kesiapan  melaksanakan pembelajaran tatap muka,’’ kata Yaswardi.

Siti Nadia Tarmizi selaku Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 mengatakan bahwa dalam proses pembelajaran tatap muka, Kemenkes tetap berpegang teguh pada pengembangan kasus Covid-19. “Tetap kita harus melihat faktor laju penularan yang terjadi, kemudian kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan, juga cakupan vaksinasi akan jadi pertimbangan apakah sekolah bisa melakukan proses pembelajaran tatap muka kembali. Tentunya berbicara guru, tentu dengan vaksinasi ini memberikan proteksi spesifik, dengan adanya proteksi dan kekebalan kelompok yang kita bangun bersama, maka kelompok yang tidak bisa mendapatkan vaksin akan turut terlindungi,” Jelasnya. Siti Nadia menambahkan prioritas vaksinasi pada petugas pelayan publik karena mereka rentan terpapar Covid-19.

Kemendikbud bekerja sama dan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lain dalam memberikan pelayanan vaksinasi bagi PTK. Pemerintah daerah memiliki peran kunci dalam memastikan kesuksesan vaksinasi PTK.

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Menu