Kehidupan Di Mars

Robot NASA di Mars berhasil menemukan jejak kehidupan di masa lalu, yang terletak di dasar Kawah Jezero Mars. Bukti berupa sedimen danau purba telah ditemukan oleh robot penjelajah Perseverance NASA. Sedimen ini memberikan harapan baru untuk menemukan jejak kehidupan dalam sampel yang dikumpulkan oleh robot tersebut.

Perseverance mendarat di Kawah Jezero pada 18 Februari 2021, dianggap sebagai lokasi sebuah danau besar dan delta sungai di masa lalu di Planet Merah. Robot ini telah menjelajahi kawah tersebut untuk mencari tanda-tanda kehidupan masa lalu, mengumpulkan, dan menyimpan lusinan sampel yang akan dibawa kembali ke Bumi.

Dengan menggunakan instrumen Radar Imager for Mars’ Subsurface Experiment (RIMFAX), para peneliti dari Universitas California, Los Angeles (UCLA), dan Universitas Oslo mengungkap petunjuk baru tentang pembentukan lapisan sedimen di dasar kawah seiring waktu.

Data RIMFAX menunjukkan adanya sedimen yang terbentuk akibat air yang pernah mengisi kawah tersebut. Ini memberikan kemungkinan bahwa kehidupan mikroba mungkin telah ada di kawah tersebut pada masa lalu. Sampel sedimen dari daerah ini dapat mengandung tanda-tanda sisa-sisa mikroba.

Temuan ini diperoleh melalui pengukuran radar yang mengirimkan gelombang ke bawah permukaan Mars dengan interval 4 inci, mengukur gelombang yang dipantulkan dari kedalaman sekitar 20 meter di bawah permukaan untuk membuat profil lantai kawah.

Data RIMFAX juga mengungkapkan dua periode pengendapan yang berbeda, menciptakan lapisan sedimen teratur dan horizontal di dasar kawah, mirip dengan strata yang terlihat di Bumi. Delta yang sangat besar juga terbentuk akibat fluktuasi permukaan air danau, yang telah dilalui oleh Perseverance antara Mei dan Desember 2022.

Pengukuran radar juga menunjukkan dasar kawah yang tidak rata di bawah delta, kemungkinan disebabkan oleh erosi sebelum sedimen pertama kali diendapkan. Seiring waktu, lapisan sedimen di kawah terkikis, membentuk fitur geologi yang terlihat di permukaan Mars saat ini.

Penemuan ini, dipublikasikan pada 26 Januari 2024 di jurnal Science Advances, menyediakan wawasan baru tentang sejarah geologis Kawah Jezero dan memberikan harapan untuk penelitian lebih lanjut terkait potensi kehidupan di Mars.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu