Kejanggalan Penghapusan Nama DPO

Keluarga Vina Pertanyakan Penghapusan Dua DPO Setelah Penangkapan Pegi. Keluarga Vina Cirebon melalui kuasa hukumnya, Putri Maya Rumanti, menyatakan kecurigaannya terhadap penghapusan dua nama yang sebelumnya terdaftar sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) dalam kasus pembunuhan Vina dan kekasihnya, Eky, di Cirebon.

Putri mengungkapkan, dua nama yang dihapus polisi adalah Andi dan Dani. Keputusan ini diambil tak lama setelah polisi berhasil menangkap Pegi Setiawan alias Perong, yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

“Kami mendengar ada kejanggalan terkait pernyataan hari ini, mengapa hanya satu yang diakui sebagai DPO, sedangkan dua lainnya kemana?” ungkap Putri, dikutip dari CNN Indonesia TV, Senin (27/5).

Putri menjelaskan bahwa dalam putusan pengadilan sebelumnya, ada tiga nama DPO: Andi, Dani, dan Pegi. Ia mempertanyakan alasan hilangnya nama Andi dan Dani.

“Kami ingin mengonfirmasi hal ini langsung kepada penyidik, namun pihak keluarga tidak diberi kesempatan. Kami merasa curiga, ada apa ini? Kami adalah pihak korban yang seharusnya mengetahui perkembangan penyidikan, namun tidak diberikan ruang atau kesempatan untuk berdiskusi dengan penyidik,” tambahnya.

Meskipun ada kejanggalan tersebut, Putri mengapresiasi keberhasilan polisi dalam menangkap Pegi. Ia menyatakan keluarga sepenuhnya mendukung proses hukum yang dilakukan oleh kepolisian, termasuk terkait keterlibatan Pegi yang masih diragukan oleh sebagian pihak.

“Tentunya kami mendukung hasil penyelidikan. Percaya atau tidak, kami kembalikan kepada hasil penyidik. Karena yang melakukan pemeriksaan, penangkapan, dan pengumpulan bukti adalah kepolisian,” kata Putri.

Menurutnya, keluarga mempercayai hasil rilis dari Polda Jabar setelah mendengar penjelasan resmi dari mereka. Bantahan dari Pegi mengenai keterlibatannya dalam kasus pembunuhan ini dinilai Putri sebagai hal yang wajar.

“Pembelaan dari Pegi adalah haknya. Karena penjahat atau pelaku kejahatan jarang mengakui secara langsung. Namun, kami ingin memastikan keyakinan kepolisian terhadap penangkapan Pegi dan alasan hilangnya dua DPO. Sayangnya, kami tidak bisa mengkonfirmasi itu,” jelas Putri.

Sebelumnya, polisi menyebut penangkapan Pegi Setiawan alias Perong alias Robi Irawan menunjukkan tidak ada lagi DPO dalam kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon. Dua nama yang sebelumnya masuk DPO, Dani dan Andi, dinyatakan gugur karena tidak ada bukti yang mendukung keterangan dari pelaku sebelumnya.

“Dari hasil penyelidikan, hanya ada satu DPO. Dua nama lainnya hanya berdasarkan keterangan dari terpidana lain yang tidak bisa dibuktikan,” kata Direktur Ditreskrimum Polda Jabar Kombes Surawan.

Dengan penangkapan Pegi, total pelaku dalam kasus pembunuhan Vina Cirebon berjumlah sembilan orang.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu