Kenali Melon Harvesting Robot, Robot Kerjasama Udinus dan IPB University

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang bersama Institut Pertanian Bogor (IPB) University luncurkan robot pemanen buah melon.

Kini, petani tak perlu repot memetik buah melon dengan cara klasik, lantaran sudah tersedia robot kolaborasi antara Udinus dan IPB University yang siap membantu petani.

Ketua pengembang robot, M Ary Heryanto menyebutkan, tim IPB University bertugas mendesain sensor pendeteksi kematangan buah melon yang siap dipanen oleh robot tersebut. Sementara, tim Udinus bertugas membuat robot bergerak untuk memetik buah melon.

“Sementara itu, tim dari Udinus bertugas membuat mekanisme lengan robot yang nantinya bisa bergerak dan memetik buah melon. Penentuan kematangan itu didasarkan atas pengamatan warna serta suara khas melon ketika diketuk ” ujar Ary saat ditemui di Udinus, pada Rabu (8/9/2021).

Ary mengatakan, project bernama Melon Harvesting Robot tersebut kini tengah memasuki tahap fase penggabungan antara motor dan lengan robot dengan sensor penentu kematangan buah melon.

“Sudah ¬†pada tahap fase penggabungan antara sensor yang dibuat oleh IPB dan Udinus,” pungkas Ary.

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Menu