Keterangan Pemilik ChatGPT

OpenAI meraih kesuksesan besar dengan ChatGPT, dan kini perusahaan tersebut mulai mempertimbangkan ekspansi ke industri lain. Kabarnya, OpenAI sedang mengkaji kemungkinan untuk mengembangkan chip AI mereka sendiri.

Reuters melaporkan hasil diskusi internal yang menyebutkan bahwa OpenAI belum memutuskan apakah akan melanjutkan rencana pembuatan chip tersebut. Namun, mereka telah membahas berbagai opsi untuk mengatasi kekurangan chip AI yang digunakan oleh perusahaan, seperti yang dilansir pada Senin (9/10/2023).

Selain mempertimbangkan pembuatan chip sendiri, OpenAI juga sedang menjelajahi kemungkinan untuk bekerja lebih dekat dengan produsen chip seperti Nvidia. Perusahaan ini ingin mendiversifikasi pemasok chip selain Nvidia.

Berdasarkan laporan Reuters, OpenAI menolak memberikan komentar terkait rencana pembuatan chip mereka sendiri.

Sementara itu, CEO Sam Altman telah memfokuskan perusahaan untuk melakukan akuisisi lebih banyak chip AI. Ia adalah salah satu yang mengeluhkan masalah kelangkaan unit pemrosesan grafis yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi AI.

Jalur akuisisi dianggap sebagai langkah tercepat untuk memenuhi kebutuhan chip yang diinginkan oleh OpenAI. Sebelumnya, Amazon.com juga telah melakukan hal serupa dengan mengakuisisi Annapurna Labs pada tahun 2015.

Reuters melaporkan bahwa OpenAI berencana untuk melakukan penilaian menyeluruh terhadap calon-calon akuisisi potensial. Informasi ini berasal dari sumber yang mengetahui rencana tersebut, namun perusahaan yang sedang ditinjau belum diketahui.

Rencana ekspansi OpenAI ini dianggap membutuhkan inisiatif strategis yang besar menurut beberapa veteran industri. Selain itu, investasi yang dibutuhkan juga tidak sedikit, bahkan dapat mencapai ratusan juta dolar per tahun.

Namun, rencana tersebut juga memiliki risiko besar. Investasi sebanyak ratusan juta dolar tidak menjamin bahwa OpenAI akan berhasil dalam pembuatan chip di masa mendatang.

Jika rencana ini berjalan lancar, maka nama OpenAI akan setara dengan beberapa raksasa teknologi lain yang telah berhasil mengembangkan prosesor mereka sendiri. Seperti yang disebutkan sebelumnya, tidak semua upaya ini selalu berhasil, seperti yang dialami oleh Meta dalam usahanya untuk mengembangkan chip AI sendiri. Akhirnya, perusahaan induk dari Facebook harus menghapus beberapa inisiatif tersebut dan kini sedang mengerjakan chip baru yang dapat digunakan untuk semua jenis tugas AI.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu