Kontroversi Jessica di Film

Jessica Kumala Wongso, yang pernah terlibat dalam kasus pembunuhan menggunakan sianida, kembali menjadi sorotan publik. Hal ini terjadi setelah kasusnya dijadikan subjek dalam film dokumenter berjudul “Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso,” yang tersedia di platform Netflix.

Film dokumenter ini mengulas detail kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin yang melibatkan Jessica Kumala Wongso. Jessica telah dihukum 20 tahun penjara atas tuduhan membunuh Mirna dengan racun yang dilarutkan dalam es kopi Vietnam yang dipesannya.

Setelah rilisnya film dokumenter ini, muncul perdebatan di kalangan warganet terkait apakah Jessica Wongso diizinkan untuk diwawancarai dalam film tersebut. Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Rika Aprianti, memberikan klarifikasi mengenai hal ini.

Menurut Rika, tidak ada izin yang diberikan untuk wawancara terkait pembuatan film dokumenter tersebut. Dia menjelaskan bahwa wawancara dalam film tersebut tidak berhubungan dengan proses pembinaan terhadap Jessica sebagai narapidana.

Pembinaan yang dimaksudkan adalah program pembinaan yang dilakukan narapidana di dalam lembaga pemasyarakatan atau lapas. Menurut Rika, ini adalah kewajiban narapidana untuk mengikuti program pembinaan sebagai persiapan untuk kembali ke masyarakat.

Selain itu, alasan pelarangan wawancara dengan Jessica juga disebabkan oleh kondisi pandemi Covid-19 pada saat itu. Wawancara dalam film dokumenter ini dilakukan pada Januari 2022 di Lapas Kelas II A Pondok Bambu.

Rika menjelaskan bahwa selama pandemi Covid-19, pihaknya menerapkan pembatasan peliputan, termasuk kunjungan keluarga terhadap narapidana yang hanya bisa dilakukan secara virtual.

Jessica Kumala Wongso sebelumnya telah divonis sebagai pelaku pembunuhan dalam kasus “kasus kopi sianida” yang menggegerkan publik pada tahun 2016. Dia divonis 20 tahun penjara atas keterlibatannya dalam kasus yang merenggut nyawa Mirna Wayan Salihin.

Larangan terhadap wawancara Jessica dalam film dokumenter ini menjadi perdebatan di media sosial, khususnya di Twitter. Film “Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso” menjadi topik hangat di media sosial, dan sejumlah warganet kembali berspekulasi mengenai kasus ini. Tanda pagar #IceCold menjadi trending topik kedua di Indonesia dengan 20.600 unggahan pada Senin (2/10/2023).

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu