Kota Semarang Diawasi 10.600 CCTV?

Terobosan pelayanan publik terus digencarkan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Salah satunya, ronda online sistem Semarang Smart City yang digagasnya sejak 2013 lalu.

Ronda online tersebut ialah pengawasan lingkungan sekitar mulai dari perkotaan hingga tingkat RT melalui sistem daring CCTV yang berguna meningkatkan keamanan di Kota Semarang.

“Kami memiliki portal yang bisa diakses oleh publik, yaitu di tiliksemar semarangkota. Memang masih belum semua terintegrasi, tetapi kami terus berproses untuk dapat meningkatkan keamanan di Kota Semarang,” beber Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, pada Kamis (16/9/2021).

Hendi menyebutkan, kuantitas atau jumlah CCTV ini seharusnya ditambah agar bisa menjangkau wilayah yang lebih luas

“Untuk kuantitas CCTV-nya sendiri juga masih harus ditambah supaya bisa mencakup pantauan ke semua wilayah, tapi dengan konsep yang sudah berjalan dan berhasil diaplikasikan ini, Insya’ Allah ke depan tinggal menyempurnakan saja,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Hendi ini menerangkan, saat ini pihaknya fokus dalam penyempurnaan pemantauan Kota Semarang yang dititik beratkan pada kemampuan sistem untuk dapat melakukan analisa secara otomatis

“Jadi bukan hanya menampilkan gambar pantauan, tapi dikembangkan dalam kemampuan deteksi, agar mempermudah stakeholder dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang tinggal di Kota Semarang,” urainya.

Mendetail, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Semarang Bambang Pramusinto menyiah, saat ini telah tersedia sebanyak 10.600 CCTV yang terpasang. Namun, dirinya tak menampik, belum semua CCTV tersebut terhubung dalam jaringan, terutama untuk CCTV di wilayah RT.

“Ada sebagian kecil yang masih proses membangun jaringan, khususnya di wilayah RT, ini yang tengah kami upayakan agar target 10.600 CCTV semua terhubung,”pungkasnya.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu