Kue Bisa Jadi Alat Terapi

Membuat kue selama waktu luang tidak hanya menjadi kegiatan yang bermanfaat untuk melepas penat dan menyegarkan pikiran, tetapi juga dianggap sebagai bentuk terapi atau baking therapy. Sebuah laporan dari situs web Free From Heaven menyebutkan bahwa satu dari tiga orang di Inggris memilih untuk menghabiskan waktu dengan membuat kue ketika mengalami stres. Membagikan hasil kue buatan juga dapat membawa kebahagiaan melalui pengalaman berbagi.

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan membuat kue ini:

  1. Mengurangi Stres: Kreativitas yang terlibat dalam membuat kue dapat meningkatkan antusiasme dan pada saat yang sama mengurangi hormon stres seperti kortisol, epinefrin, dan dopamin. Penurunan tingkat stres ini dapat meningkatkan kualitas tidur dan kekebalan tubuh.
  2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri: Keberhasilan dalam menciptakan kue dapat memberikan hasil positif yang meningkatkan rasa percaya diri. Jika kue tersebut dibagikan dan mendapatkan pujian, hal ini dapat memberikan dorongan tambahan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Respons positif dari orang lain juga dapat membantu mengatasi kecemasan dan depresi.
  3. Kreativitas: Proses membuat kue dapat meningkatkan kreativitas dengan melibatkan pemilihan warna dan tekstur kue. Aktivitas ini merangsang perkembangan kreativitas berpikir dan memberikan relaksasi bagi pikiran dan tubuh secara keseluruhan. Pemikiran kreatif juga diyakini dapat mengurangi gejala demensia dan meningkatkan daya ingat serta kemampuan kognitif.
  4. Membantu Bersosialisasi: Aktivitas membuat kue tidak hanya bersifat sosial dengan orang di luar, tetapi juga dapat memperkuat hubungan dalam keluarga. Membuat kue bersama-sama dapat meningkatkan kualitas hubungan sosial, memberikan energi positif, dan memperkuat rasa percaya diri.
  5. Indra Tubuh: Saat membuat kue, semua indra dalam tubuh aktif terlibat. Pengecap digunakan untuk menilai rasa kue, penciuman aktif saat proses pemanggangan, pendengaran terlibat dengan suara alat dan bahan, dan penglihatan melibatkan pengawasan kue yang sedang diproses. Aktivitas ini membantu mempertajam semua indra, memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu