Kunci Aplikasi Youtube

Saat ini, bukan hanya orang dewasa yang menggunakan smartphone, tetapi banyak anak-anak yang memiliki ponsel sendiri untuk berkomunikasi atau mengakses hiburan. Meskipun demikian, orang tua dihadapkan pada tantangan potensi kecanduan HP yang mungkin dialami oleh anak-anak mereka. Anak-anak bisa terlalu lama menggunakan smartphone, bahkan hingga melupakan kewajiban seperti mengerjakan tugas sekolah.

Untuk mengatasi hal ini, orang tua perlu membatasi penggunaan ponsel anak-anak. Beberapa aplikasi juga menyediakan fitur untuk mengelola profil sesuai dengan usia pengguna atau mengunci aplikasi tertentu.

Semua jenis ponsel memiliki fitur untuk membatasi penggunaan aplikasi. Sebagai contoh, pembatasan penggunaan aplikasi dapat diatur agar anak hanya dapat menggunakan ponsel untuk menonton YouTube dan tidak membuka aplikasi lain.

Berikut adalah cara mengaktifkan fitur tersebut pada iPhone atau iPad, seperti yang dikutip dari Android Authority pada Selasa (2/1/2023):

1. Siapkan Guide Access di iPhone dan iPad:
– Buka Settings > Accessibility > Guided Access.
– Geser toggle untuk mengaktifkan Guided Access.
– Atur password di menu Password Settings (bisa menggunakan Face ID atau Touch ID) untuk mencegah anak keluar dari aplikasi tanpa izin.

2. Gunakan Guided Access di Aplikasi:
– Setelah mengaktifkan Guided Access, masuk ke aplikasi yang diinginkan, misalnya YouTube.
– Klik tiga kali tombol samping atau tombol Home.
– Pilih Guided Access.
– Gunakan opsi onscreen untuk mematikan tombol hardware dan software yang tidak diinginkan.

Pada layar Android, cara mengunci layar dan membatasi akses anak ke konten juga dapat dilakukan dengan fitur Pin. Berikut langkah-langkahnya:

1. Cara menghidupkan fitur Pin pada Android:
– Buka Settings.
– Pilih Biometrik dan Keamanan.
– Pilih Pengaturan keamanan lainnya.
– Ketuk Sematkan jendela dan aktifkan. PIN juga dapat diaktifkan untuk melepas pin.

2. Cara mengunci aplikasi pada Android:
– Setelah pin dihidupkan, orang tua dapat mengunci layar di aplikasi tertentu, seperti YouTube.
– Buka aplikasi lain setelah membuka YouTube.
– Geser ke atas untuk menampilkan aplikasi yang terbuka.
– Ketuk ikon YouTube di bagian atas.
– Sematkan atau pin aplikasi YouTube.

Untuk membuka kunci layar di Android, orang tua dapat menggunakan beberapa cara, seperti menampilkan deretan aplikasi dengan geser ke atas atau menggunakan tombol “kembali” dan ringkasan.

Dengan demikian, ini adalah cara efektif untuk membatasi penggunaan HP atau tablet agar anak-anak tidak dapat membuka aplikasi lain saat menonton YouTube. Selamat mencoba!

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu