Lagu Swift dan Eilish Dihapus

Lagu-lagu Taylor Swift dan Billie Eilish serta sejumlah musisi lain yang dikelola oleh Universal Music Group (UMG) telah resmi dihapus dari platform TikTok pada tanggal 1 Februari 2024. Keputusan ini diambil sebagai respons atas sengketa royalti yang belum terselesaikan antara UMG dan TikTok.

Dengan demikian, pengguna TikTok tidak lagi dapat menggunakan lagu-lagu resmi dari Taylor Swift, Sting, The Weeknd, SZA, Drake, Billie Eilish, U2, Ariana Grande, Justin Bieber, Coldplay, dan Bad Bunny. Sejak pengumuman ini, video-video TikTok yang sebelumnya menggunakan lagu-lagu dari musisi-musisi tersebut telah menjadi sepi, sementara katalog musik UMG tidak lagi tersedia bagi pengguna yang ingin membuat konten baru.

Sengketa ini bermula ketika UMG mengancam akan menarik lisensi lagu-lagu mereka setelah negosiasi untuk memperpanjang kontrak dengan TikTok gagal mencapai kesepakatan. Perjanjian antara UMG dan TikTok sebelumnya telah berakhir pada 31 Januari 2024, namun keduanya tidak berhasil mencapai kesepakatan baru terkait masalah royalti, kompensasi bagi artis, dan kekhawatiran terkait kecerdasan buatan (AI).

Dalam pernyataan resmi, UMG menyatakan bahwa mereka tidak menyetujui persyaratan baru yang ditawarkan oleh TikTok, yang dianggap tidak menghargai nilai musik mereka sebagaimana dalam perjanjian sebelumnya. TikTok, sementara itu, menyatakan kekecewaan atas keputusan UMG, menuduh bahwa perusahaan tersebut lebih memilih keuntungan pribadi daripada kepentingan artis dan penulis lagu.

Kesepakatan antara UMG dan TikTok telah berakhir setelah tiga tahun berjalan sejak Februari 2021. Pada saat itu, TikTok telah setuju untuk memberikan kompensasi yang adil kepada musisi dan penulis lagu, serta menjaga hubungan yang baik dengan UMG. Namun, upaya untuk memperbarui kontrak tersebut pada tahun 2024 gagal akibat perbedaan pendapat terkait kompensasi yang adil, perlindungan terhadap dampak AI, dan keamanan digital untuk pengguna TikTok.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu