Larangan T’Koes Bawakan Lagu Koes Plus

Yok Koeswoyo Menyetujui Larangan T’Koes untuk Membawakan Lagu Koes Plus
Keluarga band legendaris Koes Plus, yang telah lama menjadi ikon musik Indonesia, telah mengambil keputusan untuk melarang band T’Koes untuk tidak lagi membawakan lagu-lagu ciptaan Koes Plus. Keputusan ini bukan semata-mata karena masalah royalti, melainkan karena keluarga Koes Plus merasa bahwa band T’Koes tidak menjaga etika yang tepat dalam memperlakukan warisan karya-karya Koes Plus, yang berpotensi menyakiti perasaan keluarga Koes Plus.

Dalam sebuah konferensi pers yang diselenggarakan baru-baru ini, Sari Koeswoyo, yang juga merupakan putri dari anggota Koes Plus, Yok Koeswoyo, menjelaskan bahwa keputusan ini diambil setelah berdiskusi mendalam dengan ayahnya. Yok Koeswoyo adalah satu-satunya anggota Koes Plus yang masih aktif di dalam grup musik tersebut.

Sari menjelaskan bahwa mereka tidak dengan serta-merta mengambil keputusan ini, tetapi mereka telah berdiskusi dengan Yok Koeswoyo, yang merupakan satu-satunya anggota Koes Plus yang masih ada dan disebut sebagai “the last man standing.”

“Dan kami juga tidak semerta-merta langsung kalau kita mau memberikan maklumat, tapi kami diskusi juga dengan the last man standing-nya Koes Plus, yaitu Yok Koeswoyo, situasinya seperti apa,” kata Sari Koeswoyo di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis, 28 September 2023.

Sari juga menjelaskan bahwa dia telah menjelaskan kepada ayahnya tentang situasi dan perasaan mereka terkait dengan perkembangan terbaru ini. Akhirnya, Yok Koeswoyo menyetujui keputusan yang diambil oleh Sari bersama dengan anggota keluarga Koes Plus lainnya, yaitu melarang band T’Koes untuk membawakan lagu-lagu Koes Plus.

“Dan bukan berarti beliau tidak mendengar dan tidak mengetahui. Pada akhirnya beliau mengatakan ‘Ya sudah, saya mengerti sikap kalian, silahkan dilanjutkan, silahkan dilakukan sesuai dengan hukum yang berlaku’,” kata Sari.

Dalam kesempatan yang sama, David Koeswoyo, yang juga merupakan putra dari Yon Koeswoyo, menjelaskan mengapa mereka baru mengeluarkan larangan ini sekarang. Sebenarnya, mereka telah menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan band T’Koes sejak lama.

“Singkatnya gini, selama ini kami sibuk dengan urusan keluarga kami masing-masing, kami tahu ada sesuatu yang kurang pas dari si band ini tapi kami berusaha untuk tidak peduli pada saat itu. Tapi ternyata makin ke sini makin banyak ya,” kata David.

“Karena kami sudah mendiamkan beberapa hal itu sejak bertahun-tahun yang lalu. Karena kita sibuk dengan urusan keluarga kita masing-masing, masa kita ngurusin urusan receh kan gak mungkin, urusan keluarga pasti kan lebih penting ketimbang urusan receh. Tapi ternyata akhirnya jadi urusan yang tidak receh. Ya mau gak mau akhirnya kami bertindak,” tambahnya.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu