Layanan Konsultasi Medicine Terobosan Fakultas Kedokteran Undip, Konsultasi Melalui Online?

Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) kembali luncurkan terobosan untuk bantu layani pasien Covid-19. Fakultas Kedokteran Undip, buka layanan Konsultasi Telemedicine di tempat isolasi terpusat maupun isolasi mandiri.

Memberikan pemahaman kepada masyarakat, telemedicine Fakultas Kedokteran Undip selain menyediakan dokter umum, juga akan melibatkan dokte spesialis.

“Guna layanan konsultasi medis, Fakultas Kedokteran Undip menurunkan 20 dokter spesialis dan 35 dokter umum,” urai Ketua Panitia Dies Natalis ke-60 Fakultas Kedokteran Undip dr Yan Wisnu Prajoko.

Selain itu, tenaga kesehatan (nakes) juga tersebar di sejumlah shelter isolasi terpadu yang tersedia di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah.

“Layanan telemedicine ini merupakan wujud nyata Undip dalam menjawab kesulitan pasien Covid-19 terutama pasien isolasi mandiri dalam mengonsultasikan kesehatannya,” ujarnya.

“Kebanyakan di isolasi terpadu itu dokter umum dan kita akan memberikan dukungan khusus dokter spesialis. Kami terintegrasi dengan Dinkes Jateng serta terhubung dengan faskes jika itu isolasi mandiri di rumah dalam memberikan obat untuk menghindar kesalahan,” imbuh dr Yan Wisnu.

Di sisi lain, Dekan Fakultas Kedokteran Undip, Prof dr Dwi Pudjonarko menambahkan, teknologi saat ini kian canggih, maka dari itu diperlukan juga penyesuaian, salah satunya dengan melangsungkan pelayanan konsultasi kesehatan secara online.

“Layanan kesehatan harus mampu menggunakan komunikasi audio visual termasuk perawatan diagnosis, konsultasi dan pengobatan yang melibatkan dokter dan pasien. Dan konsultasi telemedicine ini merupakan solusi yang sangat baik,” ungkap Prof dr Dwi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juga menghadiri acara tersebut melalui daring, mengapresiasi upaya Fakultas Kedokteran Undip yang turut berjuang melawan pandemi Covid-19 ini.

“Yang saya harapkan adalah rumah sakit tanpa ‘dinding’. Namun Covid membantu mengerjakan itu. Dengan cara ini ada satu energi yang bisa kita lakukan bahwa ada satu teknologi yang membantu. Ketika kesadaran masyarakat sudah bagus tentang kesehatan ketika mereka bisa melakukan tindakan paling kecil mengecek gejala-gejala bisa lewat teknologi itu sudah bagus,” jelas Gubernur.

Sebagai informasi, layanan telemedicine ini bisa diakses ke nomor WhatsApp 088214391014 yang akan melayani konsultasi dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

You might also like
Tags: , , , ,

More Similar Posts

Menu