Layanan Uji KIR Gratis

Pada pekan ini, jalanan Kota Yogyakarta masih ramai dengan kendaraan wisatawan dari berbagai daerah. Sejumlah area parkir di pusat Kota Yogyakarta terus penuh dengan bus wisata dan kendaraan pribadi yang memiliki pelat nomor dari luar Yogyakarta.

Kunjungan wisata yang tinggi ke Yogyakarta, terutama selama masa libur sekolah, telah direspons oleh Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dengan menggalakkan penggunaan layanan uji pemeriksaan kendaraan (KIR) secara gratis. Layanan uji KIR ini berlaku untuk kendaraan pribadi maupun bus wisata sebagai upaya teknis untuk memastikan keselamatan dan mencegah kecelakaan dari segi teknis.

Bayu Setyawan Heru Purnomo, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Yogya, menjelaskan pentingnya bagi pemilik kendaraan untuk melakukan uji KIR setiap enam bulan sekali. Pelayanan ini melihat lonjakan permintaan, terutama setelah kecelakaan bus study tour di Ciater, Subang, Jawa Barat, yang mengakibatkan kenaikan jumlah pengujian.

Data dari Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menunjukkan bahwa sejak awal tahun 2024 hingga Juni, sebanyak 4.392 kendaraan terdaftar untuk menjalani uji KIR. Dari jumlah tersebut, 3.895 kendaraan dinyatakan layak setelah pengujian, sementara 474 kendaraan tidak lolos.

Proses uji KIR melibatkan pengecekan berbagai aspek kendaraan seperti emisi gas buang, sistem rem, akurasi speedometer, sistem pencahayaan, kondisi ban dan kedalamannya, kebisingan knalpot, klakson, serta kemampuan sistem rem parkir. Selain menggencarkan sosialisasi melalui media sosial, Dishub Kota Yogya juga melakukan uji KIR secara acak di jalan untuk memantau kendaraan yang beroperasi, khususnya bus wisata yang tidak memiliki sertifikat KIR yang valid.

Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kendaraan dalam kondisi yang aman dan teruji secara teknis, demi keselamatan bersama di jalan raya, terutama saat tingginya aktivitas wisata di Kota Yogyakarta.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu