Lebih Sehat Mana, Teh Hijau Atau Kopi

Teh hijau dan kopi adalah minuman yang banyak diminum oleh masyarakat setelah air putih dan dapat ditemukan dengan mudah di berbagai tempat. Jika disajikan tanpa gula atau krim, keduanya dapat menjadi sumber nutrisi yang baik untuk mencegah penyakit.

Pertanyaannya kemudian, manakah di antara teh hijau dan kopi yang lebih sehat?

Kedua minuman ini mengandung kafein, yang merupakan stimulan yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Kafein juga ditemukan secara alami dalam kopi dan teh hijau, dengan kopi memiliki kandungan kafein tiga kali lebih banyak daripada teh hijau. Sebagai perbandingan, satu porsi kopi 8 ons menyediakan 96 mg kafein, sedangkan teh hijau dalam jumlah yang sama hanya menyediakan 29 mg.

Meskipun asupan kafein sebanyak 400 mg per hari dianggap aman untuk orang dewasa, batas yang dianjurkan turun menjadi 100 mg per hari untuk remaja dan 2,5 mg/kg per hari untuk anak-anak.

Keduanya memiliki manfaat kesehatan, seperti meningkatkan tingkat energi, kewaspadaan, dan kinerja, serta memiliki efek perlindungan terhadap kesehatan otak, termasuk penurunan risiko terkena diabetes tipe 2.

Teh hijau dan kopi juga kaya akan antioksidan, seperti polifenol dalam teh hijau dan kopi, yang memiliki efek menguntungkan melawan stres oksidatif dan berpotensi melawan sel kanker. Selain itu, keduanya memiliki efek penurunan berat badan, membantu mengatur kadar gula darah, dan memberikan perlindungan terhadap risiko stroke dan penyakit jantung.

Namun, baik kopi maupun teh hijau memiliki beberapa efek samping, terutama jika dikonsumsi dengan gula atau dalam jumlah berlebihan. Keduanya dapat berkontribusi pada peningkatan asupan gula, yang terkait dengan penambahan berat badan, diabetes, dan penyakit jantung. Konsumsi kafein yang berlebihan juga dapat menyebabkan kecemasan, gangguan tidur, dan ketergantungan pada beberapa orang.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu