Makanan Khas Kota Cimahi

Apabila Anda berkunjung ke Kota Cimahi, rasanya tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya. Sambil menikmati keindahan panorama alam Cimahi, Anda dapat menikmati berbagai hidangan yang memikat selera.

Cimahi, sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, tidak hanya menawarkan keindahan alamnya, tetapi juga beragam hidangan lezat yang patut dicoba.

Berikut ini adalah lima hidangan khas Kota Cimahi:

  1. Dendeng Jantung Pisang (Denjapi)

Dendeng Jantung Pisang (Denjapi) merupakan hidangan dendeng yang terbuat dari jantung pisang. Berbeda dengan dendeng biasa yang umumnya terbuat dari daging, Denjapi kreatif menggunakan jantung pisang, bahan yang jarang dimanfaatkan. Bentuk dan rasanya hampir serupa dengan dendeng daging, dengan tekstur tipis, berserat, warna kecoklatan, rasa manis, dan perpaduan rempah yang tajam. Menurut Yayasan Jantung Indonesia, jantung pisang diketahui memiliki manfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan sebagai antikoagulan yang mencegah penggumpalan darah.

  1. Nasi Rasi

Nasi Rasi adalah hidangan khas Cimahi yang berasal dari singkatan “Rasi,” yang merujuk pada beras singkong. Rasi sendiri merupakan olahan dari ampas singkong, dan masyarakat Desa Cireundeu Leuwigajah, Cimahi Selatan, masih mempertahankan tradisi mengonsumsi nasi rasi.

  1. Keripik Daun Singkong

Berbeda dari pengolahan biasa, di Cimahi daun singkong dijadikan keripik dengan tekstur renyah dan garing, serta cita rasa gurih. Keripik ini tidak hanya lezat sebagai buah tangan, tetapi juga sehat dan bergizi, cocok sebagai cemilan.

  1. Sumpia

Sumpia, makanan ringan khas Cimahi, terbuat dari udang kering atau ebi. Dikenal sebagai oleh-oleh yang diminati, sumpia memiliki cita rasa renyah dan gurih karena bahan utamanya adalah ebi, gula pasir, dan tepung terigu.

  1. Tahu Jegur

Tahu jegur atau jeletot guyur adalah kuliner khas Kota Cimahi, Jawa Barat. Terkenal dengan rasa uniknya yang merupakan perpaduan rempah-rempah khas Indonesia, tahu jegur dapat ditemui dijual oleh pedagang menggunakan gerobak atau kemasan instan. Hidangan ini melibatkan tahu yang disajikan dengan topping dan diguyur kuah jeletot dengan perpaduan rasa asam manis pedas gurih. Bagi yang tidak suka pedas, tersedia opsi untuk mengurangi tingkat kepedasannya.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu