Makanan Pengendali Kolesterol

Makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol sebaiknya dimasukkan ke dalam pola makan sehari-hari untuk mencegah kolesterol meningkat secara signifikan. Meskipun kolesterol memiliki peran penting dalam tubuh sebagai bagian dari membran sel, pembentuk vitamin D, steroid, dan campuran empedu untuk pencernaan makanan, kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menjadi sumber masalah kesehatan.

Penyakit kolesterol atau kolesterol tinggi terjadi ketika kadar kolesterol dalam darah berlebihan. Kolesterol dapat menumpuk di pembuluh darah dan menyebabkan masalah kesehatan, terutama terkait dengan sistem kardiovaskular.

Menurut Heart UK, meskipun sebagian besar kolesterol diproduksi oleh hati, makanan juga berkontribusi pada kadar kolesterol dalam darah. Oleh karena itu, penting untuk memasukkan makanan yang dapat menurunkan kolesterol berikut ini dalam pola makan sehari-hari:

  1. Alpukat: Kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat, membantu menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’ atau LDL. Studi pada 2015 menemukan bahwa mengonsumsi satu buah alpukat setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol lebih efektif.
  2. Kacang-kacangan: Walnut, almond, kacang mete, kacang tanah, dan pistachio dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total, seperti yang disebutkan dalam ulasan pada 2023.
  3. Pangan berbahan dasar kedelai: Tahu dan tempe, yang terbuat dari kedelai, dapat menjadi makanan yang membantu menurunkan kolesterol LDL, menggantikan lemak jenuh, sesuai dengan ulasan pada 2021 dan 2015.
  4. Oatmeal: Mengganti menu sarapan dengan oatmeal secara teratur dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung, termasuk menurunkan kadar kolesterol total, berkat kandungan beta-glucan yang membantu mengurangi penyerapan kolesterol.
  5. Flaxseed: Suplementasi flaxseed dapat menurunkan kolesterol total, mengurangi risiko penyakit jantung, seperti yang ditunjukkan oleh tinjauan terhadap 62 riset pada 2020.
  6. Apel: Mengonsumsi apel utuh secara teratur dapat efektif mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol LDL, sesuai dengan tinjauan pada 2020.
  7. Ikan berlemak: Ikan seperti salmon, kembung, mackerel, dan sarden, yang kaya akan omega 3, dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mencegah pembentukan kristal kolesterol di arteri, menurunkan kadar trigliserida, dan mengurangi risiko aterosklerosis.
You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu