Makanan Untuk Orang Asam Lambung

Makanan yang Harus Diwaspadai oleh Penderita Asam Lambung
Asam lambung yang naik dapat menjadi penyebab ketidaknyamanan bagi penderita asam lambung. Selain dari faktor telat makan, konsumsi beberapa jenis makanan tertentu juga dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan. Berikut adalah lima jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung.

  1. Makanan Pedas Makanan pedas, seperti yang mengandung capsaicin dalam cabai, telah lama dikenal sebagai pemicu iritasi lambung. Rasa pedas dapat memperparah iritasi dan bahkan memperlambat kerja sistem pencernaan. Konsumsi makanan pedas juga dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung karena makanan lebih lama berada di perut.
  2. Tomat Meskipun memiliki manfaat kesehatan, tomat dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi penderita asam lambung. Studi menunjukkan bahwa 70 persen penderita asam lambung mengalami kekambuhan akibat konsumsi tomat. Bahkan, pemrosesan tomat menjadi jus dengan pH yang lebih netral tidak mengurangi risiko asam lambung naik. Oleh karena itu, sebaiknya penderita asam lambung menghindari konsumsi tomat.
  3. Gorengan Makanan yang digoreng dalam banyak minyak juga sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung. Gorengan dapat membuat otot sfingter esofagus menjadi lebih rileks, sehingga lebih banyak asam lambung naik ke kerongkongan. Selain itu, makanan yang digoreng juga dapat menunda pengosongan perut, meningkatkan risiko naiknya asam lambung.
  4. Daging Menurut penelitian dalam jurnal Alimentary Pharmacology and Theraupetics, daging dapat memperlambat pengosongan pencernaan. Lemak dalam daging membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan diserap tubuh, sehingga dapat meningkatkan produksi asam lambung dan risiko asam lambung naik.
  5. Cokelat Meskipun sering dianggap sebagai mood booster, cokelat dapat menjadi masalah bagi penderita asam lambung. Kandungan kafein dan theobromin dalam cokelat dapat membuat otot kerongkongan bagian bawah menjadi lebih rileks, memungkinkan asam lambung masuk ke dalamnya. Oleh karena itu, sebaiknya penderita asam lambung mengurangi atau menghindari konsumsi cokelat.

Penderita asam lambung sebaiknya memperhatikan pola makan mereka dengan menghindari jenis makanan di atas untuk mengurangi risiko naiknya asam lambung dan mengurangi gejala yang mungkin muncul. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik sesuai kondisi kesehatan masing-masing.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu