Makanan Yang Tidak Boleh Disantap Bersamaan

Biasanya, para penggemar durian yang sangat menyukai buah ini akan merasa senang jika diberikan durian. Akan tetapi, perlu berhati-hati karena ada makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan durian.

Dengan cita rasa dan aroma khasnya, durian memiliki penggemar fanatik di Indonesia dan dianggap sebagai raja di antara semua buah. Namun, sayangnya, durian dianggap kurang sehat karena kandungan zat tertentu.

Dari segi nutrisi, durian sebenarnya mirip dengan buah lainnya. Buah ini mengandung serat, karbohidrat, vitamin C, dan antioksidan dari zat aktif dalam buah berwarna putih dan kuning.

Durian sebenarnya tidak mengandung kolesterol, melainkan lemak nabati. Yang berpotensi berbahaya adalah jika durian tersebut telah mengalami fermentasi menjadi alkohol.

Lalu, apa saja makanan yang sebaiknya dihindari saat mengonsumsi durian? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Alkohol Durian mengandung tinggi sulfur, yang dapat menghambat enzim yang membantu mengurai alkohol dalam tubuh. Mengonsumsi alkohol bersamaan dengan durian dapat membuat seseorang lebih cepat mabuk, mengalami mabuk lebih lama, mudah merasa mual, dan mengalami gangguan pencernaan yang parah.
  2. Susu Minum susu bersamaan dengan durian dikatakan dapat meningkatkan tekanan darah, yang dapat menyebabkan sakit kepala.
  3. Leci Leci dan durian dianggap sebagai makanan “panas”. Jika dikonsumsi secara berlebihan, bisa meningkatkan risiko demam, sembelit, atau sakit tenggorokan.
  4. Kepiting Kepiting dianggap makanan yang ‘mendinginkan’, sedangkan durian termasuk dalam kategori ‘panas’. Mengonsumsi keduanya bersamaan dapat mengacaukan sistem pencernaan dan menimbulkan ketidaknyamanan pada perut.
  5. Daging Sapi dan Kambing Daging sapi dan kambing dianggap makanan ‘panas’. Mengonsumsi daging ini bersamaan dengan durian dapat meningkatkan “rasa panas” dalam tubuh dan menyebabkan peradangan.
  6. Terong Terong, meskipun secara teknis sayuran, sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan durian. Kombinasi ini dapat menyebabkan tubuh menjadi panas, serta menyebabkan perut kembung atau refluks asam.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat menikmati durian.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu