Mana Bagian Ayam Tinggi Protein

Daging ayam dikenal sebagai salah satu sumber protein terbaik dengan berbagai bagian yang mudah diolah dan nikmat saat dikonsumsi. Namun, pertanyaannya adalah, bagian ayam mana yang memiliki kandungan protein paling tinggi?

Ayam merupakan pilihan daging yang populer di seluruh dunia, tidak hanya lezat tetapi juga mudah diolah dibandingkan dengan daging sapi atau kambing. Protein dalam daging ayam memiliki banyak manfaat, termasuk pembentukan dan pemeliharaan otot, serta bantuan dalam proses penurunan berat badan dengan memberikan rasa kenyang dalam waktu lama.

Selain protein, daging ayam juga kaya akan vitamin dan mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, vitamin D2, dan vitamin B12.

Tidak semua bagian daging ayam memiliki kandungan protein yang sama. Berikut adalah kandungan protein pada beberapa bagian daging ayam yang umum dikonsumsi per 100 gram, seperti dilansir oleh Healthline:

  1. Dada Ayam (31 gram protein): Dada ayam tanpa kulit mengandung sekitar 31 gram protein per 100 gram. Dada ayam juga rendah kalori, sehingga sering direkomendasikan untuk diet.
  2. Paha Ayam Atas (26 gram protein): Paha ayam tanpa kulit dan tulang mengandung sekitar 26 gram protein per 100 gram. Harganya juga lebih terjangkau dibandingkan dengan dada ayam.
  3. Paha Ayam Bawah (28,3 gram protein): Paha bawah tanpa kulit dan tulang memiliki kandungan protein sebesar 28,3 gram per 100 gram. Meskipun umumnya dimakan dengan kulit, paha bawah tetap memiliki nilai protein yang tinggi.
  4. Sayap Ayam (30,5 gram protein): Sayap ayam tanpa kulit mengandung sekitar 30,5 gram protein per 100 gram. Sayap ayam sering dijadikan camilan dan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Penting untuk dihindari pengolahan daging ayam dengan cara digoreng, karena dapat meningkatkan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu