Mana Yang Paling Cocok Untuk Parfum Hint

Industri parfum lokal mengalami pertumbuhan pesat dalam lima tahun terakhir. Jika sebelumnya parfum lokal sering dikaitkan dengan aroma sintetik atau pengisian ulang, kini aroma mereka menjadi lebih otentik, beragam, dan unik. Sebelum era 2010, dominasi parfum Eropa, terutama dari Italia dan Prancis, melanda Indonesia. Namun, setelah tahun 2017, parfum lokal mulai meramaikan pasar.

Bahkan, bisnis ini terus tumbuh pesat selama masa pandemi Covid-19, dan perkiraan menunjukkan bahwa pertumbuhannya akan terus berlanjut dalam beberapa tahun mendatang. Pertumbuhan kelas menengah, perkembangan e-commerce, dan ketersediaan minyak atsiri di Indonesia turut mendukung perkembangan bisnis parfum lokal. Data Kementerian Perindustrian mencatat bahwa dari 99 jenis tanaman penghasil minyak atsiri di dunia, 40 jenis di antaranya dapat ditemukan di Indonesia.

Menurut Statista, nilai pasar industri kecantikan & perawatan pribadi di Indonesia diperkirakan akan tumbuh rata-rata sekitar 4,40% per tahun pada periode 2023-2038, termasuk dalam kategori parfum. Industri parfum lokal diperkirakan akan meningkat dari US$ 373,09 juta atau sekitar Rp 5,54 triliun pada tahun 2018 menjadi US$ 491,36 juta atau sekitar Rp 7,68 triliun pada tahun 2028.

Salah satu pemain baru dalam industri parfum lokal adalah Hint, yang mengusung konsep parfum kreasional dengan teknologi bernama Wonder Biome Technologyâ„¢. Teknologi ini membuat setiap parfum Hint menghasilkan aroma yang unik pada setiap individu, mengingat perbedaan skin biome dan reaksi kimia setiap orang.

Hint memiliki beberapa varian parfum, antara lain:

  1. NOBLE (floral-oriental): Parfum ini memiliki aroma dominan bunga, khususnya tuberose dan jasmine, dengan sentuhan vetiver dan sandalwood yang menyeimbangkan keseluruhan wangi. Meskipun Hint mengusung konsep genderless, Noble cenderung terasa feminin. Performanya cukup baik dengan ketahanan sekitar 7 jam di kulit.
  2. REALM (fruity-floral): Merupakan parfum yang menyegarkan dengan aroma blackcurrant, freesia, dan orange blossom. Cocok untuk individu yang ceria, dan bisa menjadi signature scent anak remaja.
  3. RESURRECT (aromatic): Menghadirkan aroma yang mengingatkan pada sabun batangan dengan sentuhan dedaunan basah. Varian ini menggunakan HealingScent Technology yang membantu menstimulasi neuron, kesehatan mental, dan well-being.
  4. IDENTITY (woody): Memiliki kesan maskulin dengan aroma wangi kekayuan (woody), yang kemudian berubah menjadi powdery setelah beberapa waktu. Performanya biasa saja, bertahan sekitar 4-5 jam di kulit.
  5. EPITOME (aromatic woody): Dengan botol yang gelap dan terkesan misterius, Epitome memiliki aroma mint dicampur amber. Meskipun performanya tidak begitu bagus di satu individu, dapat menjelma menjadi aromatic-woody yang cantik dengan sentuhan floral pada orang lain.

Hint juga menawarkan konsep topper, yang merupakan ide baru di dunia parfum Indonesia. Ada dua pilihan topper: Ultimate (biru) dengan aroma bold dan woody, serta Delicate (pink) yang didominasi aroma mawar yang feminin.

Dari segi ekonomi, harga satu botol parfum Hint ukuran 50 ml adalah Rp249.000, dengan 1 ml dapat menghasilkan 5-7 semprotan. Dengan begitu, satu botol dapat digunakan selama 50 hari, dengan biaya sekitar Rp4.980 untuk setiap penggunaan 5 semprotan.

Secara keseluruhan, semua varian Hint menawarkan aroma yang disukai banyak orang, namun karena kemampuan menghasilkan aroma unik, disarankan untuk mencoba sampel terlebih dahulu sebelum membeli. Performa parfum ini cukup memuaskan, rata-rata tahan 5-7 jam, tergantung pada varian dan reaksi kulit masing-masing individu. Dengan harga yang terjangkau, Hint menjadi pilihan menarik bagi mereka yang senang eksplorasi wewangian baru.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu